comscore

Erick Thohir: Generasi Muda Wajib Punya 3 Skill Ini untuk Hadapi Dinamika Digital

Nia Deviyana - 18 Januari 2022 12:58 WIB
Erick Thohir: Generasi Muda Wajib Punya 3 <i>Skill</i> Ini untuk Hadapi Dinamika Digital
Menteri BUMN Erick Thohir. Foto: Kementerian BUMN
Jakarta: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mewanti-wanti generasi muda untuk memiliki bekal guna bisa bersaing di era disruptif. Menurut Erick, setidaknya ada tiga skill yang harus dimiliki untuk menjadi generasi yang bisa menjawab tantangan masa depan.

"Generasi muda sebagai future leaders wajib memiliki tiga skill yang akan mengantarkan mereka menghadapi tantangan di era digital yang dinamis,” kata Erick dalam Live Instagram bersama Najwa Shihab yang diakses, Selasa, 18 Januari 2022.
Pertama, kata dia, generasi muda harus bisa adaptif dan fleksibel dalam menghadapi tantangan dinamika era digital. Menurutnya, adaptasi begitu diperlukan apalagi kehadiran pandemi covid-19 telah mengubah total kebiasaan hidup manusia dan memaksa masuk ke new normal.

"Satu, adaptasi. Kadang-kadang adaptasi itu paling sulit. Kita men-challenge diri kita," ujarnya.

Selain adaptasi, lanjut Erick, generasi muda juga harus peka terhadap teknologi. Perkembangan teknologi melaju pesat menjadi industri 4.0 dan masuk dalam kehidupan masyarakat yang membentuk society 5.0.

"Kedua, kita harus mengerti perubahan teknologi, karena itu ada yang namanya faktor inovasi dan teknologi. Nah ini yang saya benar-benar khawatir kalau sampai 17,5 juta pekerjaan yang akan dibutuhkan di 2034 ini, generasi muda kita tidak savvy, tidak melek teknologi," kata Erick.

Dia bilang perubahan teknologi tak bisa terbendung, terlebih dengan kehadiran pandemi covid-19 yang mengharuskan manusia untuk membatasi interaksi dan mau tidak mau harus menggunakan teknologi. Dengan paham teknologi, Erick optimistis bahwa bonus demografi pada 2030 mendatang akan bisa dioptimalkan dan Indonesia Emas 2045 dapat terwujud.

"Nah yang ketiga, analytical. Jadi sekarang itu tidak bisa pakai feeling. Semua harus berdasarkan data dan fakta," tambahnya.

Erick mengatakan, bahwa lapangan pekerjaan di masa yang akan datang akan jauh berbeda dengan yang sekarang. Sehingga dia berharap para generasi muda harus dapat beradaptasi dengan ekosistem digital yang saat ini sedang berkembang agar dapat bersaing.

"Saya sangat berharap generasi muda kita itu mesti menggali di tiga hal itu," tutupnya.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id