comscore

Tahun Ini, Harga CPO Masih Diperkirakan Naik

Fetry Wuryasti - 19 Januari 2022 13:17 WIB
Tahun Ini, Harga CPO Masih Diperkirakan Naik
Ilustrasi. Foto: MI/Gino
Jakarta: Tingginya konsumsi minyak dari dalam negeri yang tidak disertai dengan kenaikan volume produksi memicu adanya potensi kenaikan impor sawit mentah hingga pertengahan tahun ini.

Penurunan dari produksi terjadi seiringan dengan adanya pemangkasan biaya pupuk selama 1,5 tahun terakhir disertai dengan faktor cuaca yang belum mendukung.
Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Nico Demus memperkirakan harga Crude Palm Oil (CPO) akan bergerak naik tahun ini seiring dengan adanya dua faktor.

Pertama, tercapainya target produksi CPO pada semester I-2022 namun permintaan pasar global juga tinggi.

"Kedua, kinerja produksi dan menanjaknya harga minyak kedelai di Amerika Selatan juga akan berdampak pada pertumbuhan harga sawit," ujarnya dikutip Mediaindonesia.com, Rabu, 19 Januari 2022.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Togar Sitanggang mengatakan ada kemungkinan panen kedelai di Amerika Selatan gagal karena teriknya cuaca di sana.

Produksi CPO hingga Oktober 2021 mencapai 38,89 juta ton atau susut 287 ribu ton dari capaian Oktober 2020. Gapki memprediksi volume produksi sawit sepanjang 2021 akan turun satu digit secara tahunan. Adapun total produksi CPO pada 2020 mencapai 47,03 juta ton.

Hingga Oktober 2021, volume ekspor ke India telah turun 25,8 persen year on year (yoy) atau lebih rendah 1,14 juta ton menjadi 3,29 juta ton. Adapun, total volume ekspor CPO dan olahan CPO hingga Oktober 2021 naik 7,17 persen year on year (yoy) menjadi 24,09. Utilisasi industri pengolah CPO domestik diproyeksikan akan mencapai level 90 persen akibat pengalihan dari ekspor ke India.

Pada saat yang sama, kebutuhan industri pengolah dalam negeri akan naik dari posisi 2021 sebanyak 49 juta ton. Saat ini, kapasitas terpasang industri pengolah CPO adalah sekitar 55 juta ton.
 

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id