Pelaku Bisnis Perlu Optimalkan Digital di Era Revolusi Industri 4.0

    Angga Bratadharma - 17 September 2021 15:08 WIB
    Pelaku Bisnis Perlu Optimalkan Digital di Era Revolusi Industri 4.0
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id



    Jakarta: Fenomena revolusi industri 4.0 membawa perubahan pada hampir seluruh sektor bisnis dan harapannya berimbas positif di tengah sengitnya persaingan di kancah global. Pada dasarnya, revolusi ini menitikberatkan pada otomatisasi melalui kolaborasi teknologi digital.

    Inti dari revolusi industri 4.0 adalah transformasi komprehensif dari seluruh aspek produksi di industri yang mampu meningkatkan perkembangan dan kemajuan di berbagai sektor industri. Dunia bisnis mulai merasakan kebutuhan akan adaptasi teknologi yang semakin cepat, terutama di masa pandemi covid-19.

     



    Saat ini, cloud menjadi solusi dengan memberi berbagai keunggulan dan kemudahan dalam menjalankan aktivitas bisnis. Maka tak heran sejumlah perusahaan berhasil mengalami peningkatan performa hingga cukup tinggi setelah menerapkan sistem cloud computing secara optimal.

    Penggunaan cloud di Indonesia diperkirakan meningkat Rp27,3 triliun atau melonjak hingga 201,8 persen pada 2025, dengan peningkatan CAGR sebesar 31,8 persen  dari Rp9,1 triliun pada 2021. Berangkat dari hal itu tentu perusahaan perlu memaksimalkan penggunaan teknologi guna memacu bisnis.

    Marketing & Solution Director Lintasarta Ginandjar mengatakan digital transformasi tidak mungkin terjadi dalam satu malam. Dibutuhkan perencanaan yang matang dan tentunya akan ada tahapan atau peta jalan dari rencana transformasi digital.

    "Sangat penting untuk bisnis memulainya dari yang fundamental, yakni kesiapan dan kematangan infrastruktur, salah satunya cloud," ujar Ginandjar, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 17 September 2021.

    Ginandjar menuturkan, selama 10 tahun terakhir Lintasarta Cloudeka hadir di Indonesia dan melayani berbagai jenis industri mulai dari perbankan, keuangan nonbank, pemerintahan, sumber daya, agrikultur, manufaktur, pendidikan tinggi, rumah sakit, telekomunikasi, hingga perusahaan digital untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan data yang reliable, secure, dan scalable.

    "Selama itu juga kami terus berkembang dan melayani berbagai sektor industri. Dengan pengalaman tersebut, tentunya kami selalu memastikan untuk bisa menjadi cloud provider yang dapat diandalkan didukung dengan berbagai macam solusi lain," pungkasnya.
     

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id