Ekspor Gurita Indonesia ke Meksiko Senilai Rp1,1 Miliar

    Suci Sedya Utami - 20 Januari 2021 13:26 WIB
    Ekspor Gurita Indonesia ke Meksiko Senilai Rp1,1 Miliar
    Ilustrasi ekspor gurita - - Foto: Antara/ Irwansyah Putra



    Jakarta: Pandemi covid-19 tidak menghalangi permintaan komoditas kelautan dan perikanan Indonesia di pasar mancanegara. Terbaru, Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Luwuk Banggai, Sulawesi Tengah melepas ekspor satu kontainer gurita (Octopus Sp) ke Meksiko.

    "Kita patut berbangga, gurita ini produk hasil perikanan Kabupaten Banggai bisa diekspor ke Meksiko," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina, di Jakarta, Rabu, 20 Januari 2021.




    Rina mengatakan volume gurita yang diekspor sebanyak 20.500 kilogram senilai Rp1,1 miliar. Ia berharap ekspor ini menjadi trigger untuk mendorong ekspor selanjutnya dari wilayah lain di masa pandemi.

    Rina memastikan jajarannya di BKIPM akan terus melakukan pelayanan secara optimal sekaligus mendorong pelaku usaha untuk mengekspor produknya.


    "Semangat kita melayani dan mempermudah pelayanan. Kita harapkan dengan begitu, geliat ekspor terus tumbuh," ujar dia.

    Sebelumnya, selama 2020 produk kelautan dan perikanan Indonesia telah menjangkau 157 negara. Selain itu, sebanyak 2.191 unit pengolah ikan (UPI) telah terdaftar ke negara mitra pada 2020.

    Selama 2020, BKIPM juga berhasil menginisiasi dan mendorong empat ekspor langsung dari daerah ke negara tujuan antara lain Manado-Jepang, Manokwari ke Singapura, Palu ke Jepang. Terakhir, serta dari Ambon-Manado-Jepang yang lebih efisien karena perbedaan waktu tempuh yang sebelumnya 24-26 jam via Ambon-Jakarta-Narita menjadi 13 jam

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id