Indonesia Mengajukan Permintaan 108 Juta Vaksin Covax Gratis Melalui GAVI

    Eko Nordiansyah - 07 Januari 2021 18:31 WIB
    Indonesia Mengajukan Permintaan 108 Juta Vaksin Covax Gratis Melalui GAVI
    Vaksin Covid-19. Foto : Medcom.id.
    Jakarta: Pemerintah mengajukan permintaan 108 juta vaksin covid-19 gratis melalui GAVI Covax Facility. Saat ini pemerintah telah menyelesaikan seluruh persyaratan untuk mendapatkan akses Covax yang merupakan vaksin gratis dalam konsorsium GAVI.

    Pengajuan ini setelah adanya penandatanganan formulir vaksin GAVI Covax Facility oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Formulir B ini untuk melengkapi dokumen formulir A yang sudah diajukan 7 Desember 2020.

    "Dengan menandatangani formulir B ini, maka Indonesia maksimal bisa mendapatkan sebanyak 108 juta dosis vaksin gratis dari Gavi," kata Budi dalam video conference di Jakarta, Kamis, 7 Januari 2021.

    Budi menambahkan Indonesia telah memiliki komitmen untuk 125 juta vaksin dari Sinovac, 50 juta dosis dari AstraZeneca, dan 25 juta dari Covaxvax. Selain itu, pemerintah akan menandatangani perjanjian pembelian vaksin dari Pfizer dalam waktu dekat.

    "Dengan sebanyak 108 juta dosis vaksin corona dari Gavi akan mencukupi bagi Indonesia untuk melakukan vaksinasi penduduk Indonesia. Saat pengadaan ini selesai kami akan fokus ke logistik dan proses vaksinasinya sendiri," ungkap dia.

    Sementara itu, Sri Mulyani berharap Indonesia bisa mendapatkan akses vaksin dari berbagai produk yang sudah dikembangkan. Apalagi menurut dia, vaksinasi maupun akses terhadap vaksin covid-19 merupakan langkah yang sangat penting.

    "Hari ini saya harap, dengan adanya penandatanganan ini ada kepastian bagi indonesia utk dapatkan salah satu sumber vaksin, yakni yang dikembangkan Covax dan konsorsium GAVI," ujar Sri Mulyani.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id