Kementan Dorong Penanaman Varietas Jagung Bervitamin Tinggi

    Ilham wibowo - 29 September 2020 09:15 WIB
    Kementan Dorong Penanaman Varietas Jagung Bervitamin Tinggi
    Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong petani jagung menggunakan benih varietas unggulan. FOTO: Kementerian Pertanian
    Jakarta: Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong petani jagung menggunakan benih varietas unggulan. Kandungan vitamin yang lebih tinggi dibandingkan dengan jagung biasa bisa dijadikan alternatif pemenuhan karbohidrat atau makanan pokok masyarakat.

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa kebutuhan jagung dalam negeri perlu mendapat jaminan terpenuhi hingga peningkatan volume ekspor. Saat ini, beberapa sentra penghasil jagung sudah mencapai target produktivitas sekitar 8-9 ton/ha, walaupun rata-rata produktivitas jagung lokal saat ini masih sekitar 6,4 ton/ha.

    Menurut Mentan, peran penting komoditas jagung diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan produksi dan pendapatan petani. Kandungan gizi pada jagung tidak kalah dibandingkan dengan beras. Bahkan, kandungan serat dan beta karoten yang terdapat pada jagung lebih tinggi daripada beras.

    "Untuk itu kami memberikan bantuan sarana produksi, alat pra panen dan pasca panen, serta mendorong para petani untuk menggunakan fasilitas Kredit Usaha Rakyat (KUR), pengembangan pertanian berbasis korporasi dan klaster," kata Syahrul, melalui keterangan tertulisnya, Selasa, 29 September 2020.

    Kepala Balitbangtan Fadjry Djufry menambahkan saat ini tersedia bibit unggul agar lebih meningkatkan kualitas hasil panen jagung sebagai pangan fungsional. Dua varietas yang mengandung vitamin A atau beta karoten tinggi yaitu Provit A-1 dan Provit A-2 hasil kerja sama antara Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal) dengan CIMMYT melalui program Fortifikasi Jagung.

    "Kedua varietas jagung ini memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan," ujarnya.

    Peneliti Balitsereal M. Yasin HG memaparkan bahwa varietas Provit A-1 dan Provit A-2 memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh varietas jagung lain dalam hal vitamin A. Nutrisi utama seperti protein, minyak, dan karbohidrat juga tetap terkandung.

    Beta karoten atau vitamin A yang terkandung dalam jagung Provit A-1 dan Provit A-2 dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi yang mengonsumsinya. Selain itu, jagung ini juga dapat mengatasi permasalahan gizi buruk yang biasanya terjadi pada anak-anak dalam masa pertumbuhan.

    Adapun varietas jagung Provit A-1 memiliki potensi hasil 7,4 ton/ha dengan rata-rata hasil 6,6 ton/ha dengan asak fisiologisnya 96 hari setelah tanam (hst). Sementara varietas jagung Provit A-2 mempunyai potensi hasil 8,8 ton/ha dengan masak fisiologisnya 98 hst, tahan rebah dan peka terhadap penyakit bulai.

    "Varietas jagung Provit A-1 dan Provit A-2 baik ditanam di dataran rendah sampai 800 meter di atas permukaan laut. Petani dianjurkan untuk membudidayakan jagung ini di lahan kering," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id