Jasa Raharja Paparkan Besaran Santunan untuk Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ 182

    Suci Sedya Utami - 12 Januari 2021 13:44 WIB
    Jasa Raharja Paparkan Besaran Santunan untuk Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ 182
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Keluarga korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta-Pontianak yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu dipastikan akan mendapatkan santunan dari PT Jasa Raharja (Persero).

    Santunan pada korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan korban kecelakaan lalu lintas jalan diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 15 Tahun 2017.

    Berdasarkan PMK tersebut, bagi korban meninggal dunia, maka masing-masing ahli warisnya mendapatkan santunan sebesar Rp50 juta.

    Dalam PMK tersebut juga mengatur penggantian biaya penguburan bagi yang tidak mempunyai ahli waris akan diberikan santunan Rp4 juta dan manfaat tambahan penggantian biaya ambulans sebesar Rp500 ribu.

    Sementara itu, dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 77 Tahun 2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Angkutan Udara, korban jiwa kecelakaan pesawat bisa mendapatkan santunan sebesar Rp1,25 miliar.

    Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 disebut terakhir kontak sekitar pukul 14.40 WIB pada Sabtu, 9 Januari 2021. Berdasarkan informasi yang didapat, pesawat tersebut berisikan 56 penumpang, di antaranya 46 dewasa, tujuh anak, dan tiga bayi. Lalu ada empat awak kabin ditambah dua orang yakni pilot dan co-pilot.

    Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo mengatakan sampai saat ini Jasa Raharja telah melakukan pendataan para korban. Perseroan juga telah mengontak dan mengunjungi 62 keluarga korban yang tersebar di 24 kota dengan jumlah terbanyak yakni 24 korban berdomisili di Kota Pontianak.

    "Hasil koordinasi dan sinergi yang dilakukan Jasa Raharja dengan para stakeholder, sudah memperoleh data para penumpang dan kru Sriwijaya. Dari data yang ada, maka sejak hari Minggu dan Senin telah menghubungi dan mendatangi secara langsung alamat dari keluarga para korban," jelas Budi.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id