Pemprov Babel Gandeng Penyedia e-Katalog Bangun e-Market

    Antara - 06 Oktober 2020 17:58 WIB
    Pemprov Babel Gandeng Penyedia e-Katalog Bangun <i>e-Market</i>
    Lada. Foto : MI/Pardiana.
    Pangkalpinang: Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggandeng sembilan penyedia katalog elektronik (e-katalog) lokal untuk produk bibit lada putih dan batik khas daerah, sebagai langkah awal membangun e-marketplace pengadaan barang jasa pemerintah daerah itu.

    "Kami berharap kerja sama ini dapat mempermudah pemerintah provinsi dalam pengadaan bibit lada berkualitas dan batik khas daerah secara daring," kata Wakil Gubernur Kepulauan Babel Abdul Fatah, dikutip dari Antara, Selasa, 6 Oktober 2020.

    Ia mengatakan penandatanganan kerja sama dengan penyedia e-katalog Bangka Belitung ini sebagai upaya pemerintah provinsi dalam membangun e-marketplace pengadaan barang/jasa pemerintah.

    Sembilan penyedia e-katalog lokal tersebut dengan rincian tiga e-katalog penyedia bibit lada yaitu CV Karya Sejahtera, PT Tunas Agroindo Semesta, PT Langgeng Duta Bersama. Enam penyedia e-katalog pakaian batik khas daerah Bangka Belitung diantaranya CV Destiani Abadi, Pakkis, CV Media 46, Sepiak Belitong, CV Bepulin Belitong, dan Hadinoto Batik.

    "Kami berharap nantinya akan banyak komoditas lokal yang tercantum dalam e-katalog yang dapat dibeli oleh kementerian, lembaga atau pemda, dan instansi pemerintah lainnya yang berdampak pada perekonomian daerah," ujarnya.

    Menurut dia kerja sama dengan sembilan penyedia e-katalog ini sudah lama diinginkan Pemprov Babel hingga terealisasi dan langkah ini diharapkan juga memberi peluang kepada produsen lokal untuk barang/jasanya yang digunakan oleh pemda melalui pembelanjaan e-katalog.

    "Kita bersama penyedia dapat mendorong produk lokal seperti lada dan batik dapat masuk ke pasar nasional dan internasional," katanya.

    Kepala ULP Babel Kurniawan mengatakan katalog elektronik lokal merupakan katalog elektronik yang disusun dan dikelola oleh pemda sesuai ketentuan Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

    "Sampai pada kontrak katalog yang hari ini ditandatangani bersama, proses kesiapannya sudah melewati jalan yang sangat panjang dan bisa dijalankan setelah pengesahan," ujarnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id