Pemerintah Dorong Tiga Komoditas Pertanian Ini Jadi Andalan Ekspor ke Inggris

    Annisa ayu artanti - 18 Februari 2021 20:15 WIB
    Pemerintah Dorong Tiga Komoditas Pertanian Ini Jadi Andalan Ekspor ke Inggris
    Pertanian. foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: Kementerian Perdagangan andalkan tiga komoditas pertanian untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke Inggris. Ketiga komoditas tersebut adalah Kopi, teh, dan kakao.

    Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Kasan mengatakan, masa recovery pandemi covid-19 seharusnya menjadi pemicu bagi pelaku usaha yang memaksimalkan ekspor tiga komoditas tersebut.






    "Kita tentunya, khususnya pada teman-teman pelaku usaha bisa memanfaatkan pasar di London," kata Kasan dalam webinar, Kamis, 18 Februari 2021

    Berdasarkan data Kementerian Perdagangan pada 2020, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar dalam memasok tiga komoditas tersebut.

    Untuk komoditas kopi Indonesia menempati urutan ke-11, komoditas teh urutan ke-20, dan komoditas kakao urutan ke-6. Nilai ekspor masing-masing komoditas pada 2020 sebesar USD25,86 juta, USD1,88 juta, dan USD10,7 juta.

    Kasan juga menyebutkan, berbagai tantangan yang ada di Eropa khususnya di wilayah Inggris bukan menjadi hambatan pelaku usaha Indonesia untuk bisa meningkatkan nilai ekspor ketiga komoditas tersebut.

    Ia meyakini pelaku usaha bisa menggunakan pendekatan-pendekatan khusus terkait beberapa isu yang membayangi ekspor Indonesia.

    "Tantangan due diligence dan isu sustainability dan environmental, ini sesuatu yang kita bisa penuhi. Saya yakin itu bisa dipenuhi," ucapnya.

    Seperti diketahui, neraca perdagangan Indonesia-Inggris pada 2020 surplus USD340,6 juta. Nilai ekspor tercatat USD1,3 miliar sedangkan nilai impor sebesar USD942,5 juta. Pemerintah menargetkan ekspor ke Inggris pada 2021 meningkat lagi hingga 3,8 persen.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id