Jadi Tulang Punggung Ekonomi, UMKM Perlu Disiapkan Lembaga Inkubator Bisnis

    Ade Hapsari Lestarini - 22 Februari 2021 18:56 WIB
    Jadi Tulang Punggung Ekonomi, UMKM Perlu Disiapkan Lembaga Inkubator Bisnis
    Ketua Tim Serap Aspirasi (TSA) Peraturan Pelaksanaan UU Cipta Kerja Franky Sibarani. Foto: dok TSA UU Ciptaker.
    Jakarta: Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dan menjadi penyumbang pendapatan negara yang terbesar.

    Namun kenyataannya, daya saing UMKM Indonesia masih relatif lebih rendah, terutama untuk bersaing di pasar global. Hal ini tentu menjadi perhatian penting bagi Pemerintah, untuk dapat memfasilitasi UMKM dengan menetapkan PP Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan bagi Koperasi dan UMKM.

    Ketua Tim Serap Aspirasi (TSA) Peraturan Pelaksanaan UU Cipta Kerja Franky Sibarani mengatakan salah satu dukungan dan manfaat bagi UMKM yang difasilitasi Pemerintah melalui PP Kemudahan, Perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM adalah dengan menyediakan Lembaga Inkubator Bisnis bagi UMKM untuk menciptakan usaha baru, menguatkan dan mengembangkan kualitas UMKM, serta mengoptimalkan pemanfaatan SDM.

    "Diharapkan fasilitas ini dapat mempercepat pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kualitas UMKM di seluruh Indonesia," ujar Franky dalam keterangan tertulisnya, Senin, 22 Februari 2021.

    Franky Sibarani menambahkan dengan pelatihan serta pendampingan yang diberikan kepada calon pelaku usaha yang menyangkut berbagai aspek, seperti produksi, pemasaran, manajemen hingga teknologi, maka kualitas serta daya saing dari pelaku UMKM akan semakin meningkat.

    "Pengembangan Inkubasi secara terpadu dan berjenjang, diharapkan akan membantu proses pertumbuhan bisnis UMKM menjadi semakin mature," jelasnya.

    Dia berharap dengan adanya skema berjenjang dengan pemantauan dan evaluasi dalam penyelenggaraan inkubasi dapat membuat pelaku usaha menjadi lebih profesional dalam menjalankan pengembangan serta monitoring usahanya. Proses bisnis pun menjadi semakin efektif dan efisien.

    Selanjutnya, program lain yang diberikan oleh lembaga inkubasi adalah terkait dengan pemberian sumber pembiayaan yang akan mendukung peningkatan dan pengembangan UMKM.

    Lewat aturan tersebut, pelaku UMKM menjadi memiliki peluang lebih tinggi dan mudah tidak hanya dalam mendapatkan sumber pendanaan, namun dukungan yang lebih konkret yang dapat membantu memperlancar operasional UMKM.

    Dengan berbagai dukungan yang ada dalam peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja itu, Pemerintah optimistis dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sektor UMKM dan memberikan kemudahan berusaha bagi seluruh lapisan masyarakat.

    "Tentunya, hal itu akan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan dan membuka lapangan kerja yang lebih luas," pungkasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id