Investasi Penanaman Modal Asing di Papua Melonjak

    Antara - 23 Februari 2021 22:02 WIB
    Investasi Penanaman Modal Asing di Papua Melonjak
    Papua. Foto : MI/Susanto.
    Jayapura: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengklaim nilai investasi penanaman modal asing (PMA) pada wilayah tersebut mengalami kenaikan sebesar 30 persen.

    Kepala Bidang Data pada Dinas Penanaman Modal Asing dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Papua Petrus Asem mengatakan untuk PMA, nilai investasinya Rp1,132,27 triliun mengalami kenaikan sebesar 30 persen dari 2019 triwulan keempat yang didominasi oleh sektor tambang.

    "Sementara penanaman modal dalam negeri (PMDN) nilai investasinya meningkat sebesar 20 persen menjadi Rp106,82 triliun dan didominasi sektor perkebunan serta pertanian," katanya dikutip dari Antara, Selasa 23 Februari 2021.

    Menurut Petrus, dengan adanya covid-19, nampaknya tidak mempengaruhi investasi penanaman modal asing maupun penanaman modal dalam negeri.

    "Bahkan untuk perusahaan di sektor usaha kecil menengah tetap aktif dan tumbuh di masa pandemi covid-19 khususnya di bidang penanaman modal asing," ujarnya.

    Dia menjelaskan berdasarkan data terkini, tercatat perusahaan yang bergerak di bidang PMA sebanyak 155 usaha, sedangkan untuk penanaman modal dalam negeri tercatat 110 perusahaan.

    "Jumlahnya bertambah namun untuk pelaporannya justru menurun, jadi di PMA tercatat hanya 96 perusahaan yang melaporkan dan PMDN tercatat hanya 47 perusahaan saja," katanya lagi.

    Dia menambahkan rendahnya pelaporan yang disampaikan oleh para perusahaan ini, dikarenakan banyak yang belum memahami mekanisme dan sistem terbaru.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id