Pemerintah Tambah Plafon KUR Jadi Rp198,73 Triliun

    Suci Sedya Utami - 13 Agustus 2020 20:21 WIB
    Pemerintah Tambah Plafon KUR Jadi Rp198,73 Triliun
    Ilustrasi. Foto : MI/Usman Iskandar.
    Jakarta: Pemerintah memutuskan untuk menambah plafon besaran kredit usaha rakyat (KUR) dari semula Rp190 triliun menjadi Rp198,73 triliun hingga akhir 2020.

    Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir mengatakan penambahan KUR ini sejalan dengan permintaan yang meningkat di tengah kegiatan ekonomi yang kembali mulai menggeliat.

    Dirinya mengatakan padahal sebelumnya  karena adanya pandemi covid-19 di Tanah Air, realosasi KUR diramal hanya akan terserap sebesar Rp160 triliun hingga akhir tahun. Iskandar bilang bahkan salah satu bank Himbara penyalur KUR meminta pengurangan plafon yang menjadi jatah mereka.

    "Tadinya ada salah satu bank yang sudah diturunkan plafonnya Rp12,2 triliun dan sudah disetujui, tapi ketika Juli permintaan pesat mereka minta (Rp12,2 triliun) dikembalikan lagi, sehingga total plafonnya Rp30 triliun," kata Iskandar, Jakarta, Kamis, 13 Agustus 2020.

    Salah satu bank Himbara yang merupakan penyalur terbesar yakni BRI, kata Iskandar, meminta kenaikan plafon sebesar Rp10 triliun. Total plafon bank pelat merah itu kini menjadi Rp130 triliun di 2020.

    Iskandar mengatakan hingga kini plafon yang telah terdistribusi oleh bank-bank penyalur mencapai Rp176,53 triliun. Artinya untuk sampai ke plafon baru maka akan bertambah Rp22,2 trilun.

    “Tadi komite setingkat menteri sudah memutuskan untuk menyetujui tambahan plafon Rp22,2 triliun ini, sehingga total plafon KUR tahun 2020 yang disetujui 198, 73 triliun,” tandas Iskandar.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id