PGN Jamin Pasokan dan Layanan Gas Bumi Saat Lebaran

    Suci Sedya Utami - 20 Mei 2020 12:24 WIB
    PGN Jamin Pasokan dan Layanan Gas Bumi Saat Lebaran
    PGN menjamin ketersediaan pasokan, layanan, serta distribusi gas tetap terjaga selama Hari Raya Idulfitri 2020. Foto: Dok. MI
    Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk menjamin ketersediaan pasokan, layanan, serta distribusi gas tetap terjaga selama Hari Raya Idulfitri 2020.

    Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim yang bertugas untuk menjalankan peran pengendalian penyaluran dan pelayanan gas bumi saat Idulfitri 2020.

    PGN akan memastikan keamanan dari sisi infrastruktur, niaga, distribusi gas, serta pengendalian dan layanan gangguan di tiga wilayah dalam 18 area operasi.

    “Sejauh ini, persiapan sudah matang. Pelaksanaannya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Petugas akan menjalankan skema pemantauan dan pengendalian akan standby 24 jam dalam tiga shift. Apabila terjadi ganguan, pelanggan atau masyarakat dapat menghubungi contact center pusat ataupun daerah agar dapat mempercepat penanganan," jelas Rachmat dalam keterangan resmi, Rabu, 20 Mei 2020.

    Rachmat mengatakan para petugas PGN telah menjalankan peran pengendalian penyaluran dan pelayanan gas bumi di Posko Nasional ESDM sejak 17 Mei hingga 1 Juni 2020. Selain itu tim pengendalian operasional jaringan pipa di wilayah operasional PGN akan dioptimalkan.

    Tim tersebut akan bertugas meliputi wilayah jaringan pipa transmisi di Jawa bagian barat, wilayah jaringan pipa distribusi di Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Timur, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sorong. Serta tidak ketinggalan untuk jaringan pipa transmisi-distribusi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Batam, Medan, Pekanbaru, Dumai dan Lampung.

    "Pengendalian operasional dan pasokan gas, masing-masing sudah ditentukan koordinatornya dan siap untuk disiagakan. Begitupun dengan pelayanan pelanggan di berbagai wilayah kota dan kabupaten, masing-masing sales area sudah siap,” kata Rachmat.

    Rachmat menjamin layanan gas selama Hari Raya Idulfitri tetap berjalan seperti biasanya. Pengoperasian 11 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) dan empat Mobile Refueling Unit (MRU) juga tetap berjalan normal.

    Di sisi lain, guna meningkatkan sistem keamanan, PGN melancarkan program edukasi gas kepada pelanggan. Edukasi tersebut bertujuan agar konsumen memahami cara pencegahan terjadinya kecelakaan akibat gas, serta langkah-langkah yang bisa dilakukan pelanggan Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil selama masa darurat covid-19 yang mengharuskan untuk social distancing.

    “Kebijakan terkait pelaksanaan social distancing sudah kami sosialisasikan kepada pelanggan sejak 7 April lalu, seperti Catat Meter Mandiri Pelanggan dan mendorong pembayaran tagihan gas melalui kanal pembayaran online seperti Tokopedia, Gopay dan LinkAja. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan program #dirumahaja dapat berjalan optimal, namun juga pelayanan pelanggan jargas tetap berjalan,” tambah Rachmat.

    PGN menyebarkan materi edukasi dan sosialisasi tersebut melalui pesan singkat serta surat edaran.

    "Tak hanya itu, Contact Center PGN di nomor telepon 1500645 yang bisa dihubungi 24 jam, serta sosialisasi juga dilakukan melalui media massa dan media sosial seperti Instagram, facebook, twitter, maupun youtube," tutup dia.
     



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id