Per 31 Agustus, Penyaluran Subsidi Gaji Baru Rp3 Triliun

    Andhika Prasetyo - 03 September 2020 11:36 WIB
    Per 31 Agustus, Penyaluran Subsidi Gaji Baru Rp3 Triliun
    Ilustrasi. Foto: dok MI/Immanuel.
    Jakarta: Realisasi penyaluran bantuan subsidi gaji per 31 Agustus 2020 baru sekitar Rp3 triliun atau 7,9 persen dari total anggaran Rp37,8 triliun.

    Hal itu diungkapkan Ketua Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional Budi Gunadi Sadikin. Pemerintah menargetkan distribusi bantuan khusus bagi pekerja mencapai 50 persen atau Rp19 triliun pada akhir September.

    "Baru nanti pada Desember, targetnya semua sudah tersalurkan," ujar Budi saat memberikan keterangan di Kantor Presiden, Rabu, 2 September 2020.

    Berdasarkan data BPJS Ketenagakerjaan, pekerja yang berhak menerima bantuan subsidi gaji sebanyak 15,72 juta orang. Hingga akhir Agustus, baru sekitar 2,5 juta pekerja yang menerima pencairan bantuan.

    Adapun nilai bantuan yang disalurkan baru Rp1,2 juta per orang, atau separuh dari nominal yang dijanjikan pemerintah. Lebih lanjut, Budi menyebut bantuan subsidi gaji diberikan kepada kelompok pekerja formal dan informal.

    Dalam hal ini, mereka yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan. Bantuan diharapkan mendorong konsumsi atau daya beli masyarakat.

    "Kita tahu sebagian dari pekerja dipotong gaji atau dirumahkan. Sehingga, kami sadari bahwa ada segmen spesifik di luar semua bantuan sebelumnya, yang juga perlu dibantu," jelas Budi.

    (AHL)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id