Menperin Pastikan Produktivitas Industri Jaga Kebutuhan Darurat

    Ilham wibowo - 26 Maret 2020 14:20 WIB
    Menperin Pastikan Produktivitas Industri Jaga Kebutuhan Darurat
    Ilustrasi. Foto: Antara/ Hafidz Mubarak A
    Jakarta: Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pelaku industri ikut beperan aktif dalam upaya penanganan virus korona (covid-19) yang tengah menjadi kekhawatiran di Indonesia.

    Langkah yang bisa dilakukan yakni menjaga produktivitas bagi sektor-sektor industri yang terkait atau sedang dibutuhkan konsumen.

    “Kami terus bertekad menciptakan iklim usaha yang kondusif agar industri-industri strategis masih tetap berjalan. Namun, perlu memperhatikan protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan tertulisnya, Kamis, 26 Maret 2020.

    Menperin menyebutkan pihaknya mengapresiasi pelaku industri makanan dan minuman di dalam negeri yang saat ini mempertahankan produksinya demi memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Ia juga mengimbau agar keselamatan dan kesehatan para karyawan tetap menjadi prioritas saat industri beroperasi.  

    “Hingga pekan lalu, aktivitas produksi sejumlah industri manufaktur masih berjalan normal, kami mengapresiasi industri dan para karyawannya yang tetap menjaga pasokan bagi masyarakat,” ujarnya.

    Kemenperin juga memacu produktivitas industri penghasil alat pelindung diri (APD). Produk dari sektor ini sedang banyak dibutuhkan, terutama untuk tenaga medis. APD itu meliputi pakaian, caps, towel, masker, sarung tangan, pelindung kaki, pelindung tangan dan kacamata pelindung wajah atau goggle.

    Selanjutnya, Kemenperin masih terus memantau produktivitas industri sarung tangan karet dan industri penghasil masker. Sementara itu, industri penghasil cairan pembersih tangan atau hand sanitizer pun dipacu produksinya agar bisa memenuhi kebutuhan domestik yang sedang meningkat.

    Bahkan, sektor-sektor penopangnya turut digenjot produktivitasnya, seperti industri deterjen dan produsen etanol. Permintaan produk hand sanitizer saat ini naik karena tingginya kebutuhan di masyarakat.

    "Termasuk juga untuk kebutuhan bahan bakunya, yaitu etanol atau alkohol. Kita terus dorong industri dalam negeri untuk dapat berperan dalam penanggulangan covid-19. Mari sama-sama memeranginya dengan menjalankan tugas kita masing-masing,” pungkas Agus.



    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id