comscore

Wamendag Gencarkan Produk Makanan dan Minuman Lokal di Seoul

Eko Nordiansyah - 08 Juni 2022 20:45 WIB
Wamendag Gencarkan Produk Makanan dan Minuman Lokal di Seoul
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. Foto: Medcom.id.
Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus agresif menggencarkan produk lokal usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia untuk tembus pasar global. Kemendag selama ini agresif promosi produk lokal ke luar negeri melalui keikutsertaan dagang maupun pameran internasional

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengatakan pemerintah harus bisa menciptakan iklim usaha yang baik dan mendorong persaingan yang adil terutama di pasar global. Selain itu, Kemendag juga memaksimalkan peran perwakilan perdagangan di luar negeri sebagai agen.
"Di Seoul Food Festival, ada produk lokal Amanda Sweet Kokona," ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu, 8 Juni 2022.

Ia menambahkan perdagangan menjadi salah satu yang terpenting dalam menggeliatkan ekonomi. Pemerintah juga akan terus mendorong peningkatan ekspor produk dalam negeri melalui berbagai upaya dan kerja sama dengan seluruh pihak terkait.

Jerry mengaku bangga bisa bertemu langsung pengusaha Amanda Sweet Kokona yang berasal dari Bandung Jawa Barat. Bahkan, pihaknya siap mengembangkan pasar ekspor lebih luas ke depan dengan menggaet asosiasi terkait.

"Kami merasa senang bisa bertemu, mudah-mudahan bisa ekspor. Kebetulan Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) dan kemendag siap bantu dan support," ungkapnya.

Ketua Aprindo Roy N. Mandey mengaku siap mendukung kemendag untuk memperluas pasar ekspor produk lokal. Menurutnya, perkembangan industri ritel ke depan akan sangat bergantung kepada pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di dalam negeri.

"Kegiatan UMKM semakin memegang peran penting sebagai salah satu konsumen ritel. Ke depan produk lokal akan semakin bertumbuh bila pasar ekspor sudah melonjak," ujar dia.

Sementara itu, Export Specialist Universal Spice, Nugraha Artha Kusumah mengaku bangga dengan kedatangan Wamendag dan Aprindo ke Korea Selatan dalam rangka membantu pengembangan pasar ekspor produk lokal. Upaya ini diharapkan membantu mengangkat produk lokal di pasar internasional.

"Kami pun bangga pameran di Korea dan terima kasih dukungan pemerintah, dan kunjungan wamendag untuk mendorong produk-produk ritel tembus pasar internasional," ungkapnya.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id