comscore

Kenaikan Harga Komoditas Jadi Berkah Buat Indonesia

Eko Nordiansyah - 12 Januari 2022 16:59 WIB
Kenaikan Harga Komoditas Jadi Berkah Buat Indonesia
Kelapa Sawit. Foto : AFP.
Jakarta: Kenaikan harga komoditas di pasar global dinilai bisa memberikan dampak positif bagi Indonesia. Meskipun hal ini menyebabkan kenaikan inflasi di sejumlah negara, namun pemerintah mengeklaim masih bisa mengendalikan dampak kenaikan harga komoditas ini terhadap perekonomian.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan, kenaikan harga komoditas ini membawa kabar baik bagi Indonesia. Pasalnya beberapa komoditas andalan ekspor Indonesia mengalami kenaikan, sehingga secara nilai juga turut mengalami lonjakan.

 



"Kenaikan harga komoditas ini membawa kabar baik khususnya bagi komoditas unggulan Indonesia. Dalam konteks ini kami tunjukkan ada nikel, CPO, karet bahkan juga batu bara. Ini adalah produk-produk yang kita banyak mendapatkan windfall sebenarnya," kata dia dalam video conference, Rabu, 12 Januari 2022.

Ia menambahkan kenaikan harga minyak sawit mentah (CPO) saat ini sudah hampir 200 persen dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi. Sama halnya dengan kenaikan harga batu bara yang mencapai 200 persen sehingga mendorong kenaikan pendapatan karena ekspornya meningkat.

"Jadi ini menghasilkan ekspor kita revenuenya dan juga mendorong penciptaan lapangan kerja karena ini uang kemudian mengalir, konsumsi juga kemudian meningkat, ini yang kita lihat di 2021 kemarin. Jadi ini akan masih berlanjut untuk nikel, CPO, karet bahkan batu bara ini masih akan kita lihat cukup kuat," ungkapnya.

Febrio memperkirakan kenaikan harga komoditas energi seperti batu bara, gas, minyak unggulan ekspor ini masih akan terjadi setidaknya sampai pertengahan tahun ini. Sementara komoditas lain seperti nikel, CPO, dan karet kenaikannya masih akan mengikuti tren pemulihan ekonomi dunia.

"Tapi untuk yang nikel, CPO, karet ini akan mengikuti pertumbuhan ekonomi dunia. Jadi kalau pertumbuhan ekonomi dunianya masih kuat maka kita akan melihat ini masih cukup berpeluang. Jadi kita masih ada peluang untuk nilai tambah dari sana," pungkas dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id