comscore

Sri Mulyani: Transisi dari Pandemi ke Endemi Tak Mudah

Eko Nordiansyah - 27 Januari 2022 13:27 WIB
Sri Mulyani: Transisi dari Pandemi ke Endemi Tak Mudah
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: MI/ Pius Erlangga
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pemerintah masih terus mewaspadai perkembangan kasus Omicron. Pasalnya, kenaikan angka penularan varian baru covid-19 ini, membuat transisi dari pandemi ke endemi tidak akan mudah.

Saat ini kasus harian Omicron di Indonesia masih terbilang rendah atau hanya 1.808 kasus. Sementara secara global, kasus harian meningkat menjadi 3,3 juta dengan angka kematian mencapai 8.000 jiwa.

"Indonesia masih rendah, namun kita memiliki kewaspadaan yang tinggi dengan tren kenaikan terutama omicron dari penularan yang sekarang sifatnya lokal," kata dia dalam rapat dengan Komisi XI DPR, Kamis, 27 Januari 2022.

Untuk itu, Presiden Joko Widodo meminta seluruh jajaran kabinet maupun otoritas terkait untuk meningkatkan vaksinasi dan booster. Meskipun begitu, pemerintah tetap akan menyiapkan strategi peralihan dari kondisi pandemi menjadi endemi.

"Transisinya akan terus kita kalibrasi, kita akan terus menggunakan semua instrumen kebijakan secara fleksibel karena path atau perjalanan ke endemi ini tidak smooth," ungkap dia.

Di samping itu, kata Sri Mulyani, pemerintah juga akan terus memperhatikan kemungkinan munculnya berbagai varian baru covid-19. Termasuk perkembangan produksi vaksin serta obat yang lebih ampuh dalam mengatasi penularan pandemi.

"Setiap negara juga terus mencoba-coba, jadi kita akan melihat termasuk perkembangan dari varian atau jenis virusnya, serta kemungkinan ditemukannya vaksin dan pengobatan lebih baik," pungkasnya.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id