comscore

Kemnaker Buka Pendaftaran LPK Jadi Mitra Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Annisa ayu artanti - 06 Januari 2022 22:37 WIB
Kemnaker Buka Pendaftaran LPK Jadi Mitra Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan
Ilustrasi. Foto: dok MI/Andri Widiyanto.
Jakarta: Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) resmi membuka pendaftaran Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) untuk menjadi mitra Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (Binalavotas) Kemnaker Budi Hartawan mengatakan, pembukaan pendaftaran Tahap I dilaksanakan pada 6-12 Januari 2022 kepada LPK swasta (LPKS) maupun BLK UPTP.

 



"Untuk persyaratan dan mekanisme pendaftaran LPK menjadi mitra Program JKP ini sesuai dengan pedoman verifikasi dan asesmen lembaga dan program pelatihan program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP) Masa Transisi (Pengembangan Sistem)," kata Dirjen Budi secara virtual, Kamis, 6 Januari 2022.

Ia berharap, keberadaan pelatihan kerja dalam program JKP dapat memberikan kompetensi atau keahlian kepada tenaga kerja yang ter-PHK sehingga mereka dapat bekerja kembali. Adapun pelatihan kerja yang dilakukan melalui pendekatan re-skilling dan up-skilling.

"Oleh karena itu, peranan pelatihan kerja menjadi bagian penting di dalam Program JKP ini," ucapnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, keberadaan LPK dan seluruh infrastruktur itu kedepannya akan menjadi parameter sukses tidaknya Program JKP.

"Untuk itu, setiap LPK yang akan terlibat dan menjadi mitra dalam Program JKP ini harus memiliki kemampuan dalam menyelenggarakan pelatihan kerja. Kemampuan dimaksud tidak hanya yang bersifat teknis, tetapi juga yang bersifat administratif," jelasnya.

(AHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id