Facebook Siap Bantu UMKM Indonesia Bangkit

    Ilham wibowo - 23 Juli 2020 12:30 WIB
    Facebook Siap Bantu UMKM Indonesia Bangkit
    Pelaku UMKM. Foto : MI/Palce.
    Jakarta: Platform media sosial Facebook menyatakan siap membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia bangkit dari krisis ekonomi akibat pandemi covid-19. Dukungan bakal diberikan terutama menyasar sejumlah peluang agar arus kas pelaku ekonomi kerakyatan kembali bergerak.

    "Facebook ke depan akan terus bermitra dengan pemeritah maupun UMKM dengan mengadakan pelatihan virtual dan menambah fitur di produk kami, UMKM perlu diberikan support," kata Kepala Kebijakan Publik untuk Facebook di Indonesia Ruben Hattari dalam diskusi virtual, Kamis, 22 Juli 2020.

    Menurut Ruben, sektor UMKM merupakan inti dari komunitas di Facebook berperan sebagai penggerak roda perekonomian global. Produk di unit usaha Facebook seperti WhatsApp dan Instagram telah mengubah beberapa fiturnya untuk memberikan dukungan kepada produk UMKM lokal.

    "Kemarin contohnya di Instagram ada stiker tertentu, kemudian di WA ada WA bisnis. Kolaborasi dengan pemerintah juga dilakukan di program Bangga Buatan Indonesia," ungkapnya.

    Ruben menuturkan bahwa adaptasi ke penjulan digital perlu dilakukan seiring dengan berubahnya tren belanja orang-orang di masa pandemi ini dengan mengadopsi lebih besar lagi belanja secara online. Di Indonesia, 56 persen bisnis kecil dan menengah yang berada di Facebook melaporkan lebih dari 25 persen penjualan terjadi di ranah digital selama beberapa bulan terakhir.

    "Semua bisa dilalui jika semua pemangku kepentingan bisa bekerja sama kolaboratif tidak ada irisan saling kompetisi. Kami juga ikut kerja sama dengan platform lain mendukung sektor UMKM," tuturnya.

    Ia menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk terus memperkuat aktivitas jual-beli yang digerakkan oleh komunitas, dan membangun solusi untuk membantu pelaku usaha sukses di ranah digital. Facebook juga bakal menghadirkan pengalaman berbelanja yang lebih baik dan dapat memberdayakan orang-orang untuk saling terhubung di manapun mereka berada.

    "Ini adalah masa-masa sulit bagi bisnis di seluruh dunia, tetapi Facebook bertekad untuk melakukan semua yang kami bisa untuk membantu mereka melewatinya," ujarnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Deputi IV Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Mohammad Rudy Salahuddin menyambut baik dukungan Facebook agar UMKM Indonesia kembali bangkit. Perusahaan platform digital lainn yang turut mendukung pun diharapkan mampu mempercepat pengembangan UMKM secara merata.

    "Kolaborasi adalah kunci, program bisa dikolaborasikan agar inklusif. Para pelaku UMKM ini tidak hanya dilepas saja, kalau ada Facebook dan lain lain mereka bisa dibina oleh komunitas yang ada di platform tersebut," ujarnya. 

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id