Pengamat: Informasi Mengenai Pembagian Dividen Dibutuhkan Investor

    Antara - 08 September 2020 08:41 WIB
    Pengamat: Informasi Mengenai Pembagian Dividen Dibutuhkan Investor
    Ilustrasi. FOTO: Medcom.id/Desi Angriani
    Solo: Pengamat Ekonomi dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Doddy Setiawan mengatakan informasi mengenai pembagian dividen dibutuhkan oleh investor. Dengan kondisi itu perusahaan yang sudah melepas saham harus terbuka dalam mempublikasi laba yang diterimanya.

    "Pembayaran dividen merupakan suatu kabar yang dinantikan oleh para investor karena ini menunjukkan hasil dari investasi mereka di perusahaan tersebut," katanya, dikutip dari Antara, Selasa, 8 September 2020.

    Menurut dia dengan perusahaan membayar dividen maka investor akan bereaksi dengan cara membeli saham perusahaan tersebut. Ia mengatakan hal itu akan mengakibatkan permintaan saham meningkat sehingga harga saham juga akan mengalami kenaikan.

    "Yang pasti informasi ini menunjukkan pentingnya pengetahuan mengenai struktur kepemilikan bagi investor. Struktur kepemilikan berpengaruh kepada manajer untuk mengambil keputusan terkait dengan pembagian dividen ini," kata Doddy.

    Dengan demikian, menurut dia, sangat penting bagi investor untuk terlebih dahulu memahami struktur kepemilikan perusahaan sebelum mengambil keputusan investasi terkait dengan suatu perusahaan.

    "Secara umum suatu perusahaan yang sahamnya didominasi oleh investor asing dan perusahaan milik pemerintah memberikan dividen dengan jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan lain," pungkas Doddy.(ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id