Menhub: Stakeholders Pelabuhan Diharap Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

    Ade Hapsari Lestarini - 21 Februari 2021 07:48 WIB
    Menhub: <i>Stakeholders</i> Pelabuhan Diharap Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
    Menhub Budi Karya Sumadi. Foto : Medcom/Desi.


    Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap para pelaku usaha di bidang kepelabuhanan dapat membantu pemulihan ekonomi nasional. 

    Menhub Budi menyampaikan hal tersebut pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Webinar Nasional dengan tema Peran Pelabuhan Sebagai Katalisator Pemulihan Perekonomian Setelah Pandemi Covid 19 yang juga HUT ke 6 Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI), Sabtu, 20 Februari 2021, dikutip dalam keterangan tertulis ABUPI, Minggu, 21 Februari 2021.


    Menurut dia, pelabuhan menjadi pengerak perekonomian nasional, karena sebagai titik simpul jaringan tranportasi laut dan sebagai pintu gerbang perdagangan.

    "Kami berharap agar ABUPI membantu pemerintah di sektor maritim dengan meningkatkan fasilitas dan pelayanannya, sehingga tercipta layanan yang berdaya saing tinggi dan pada akhirnya dapat meningkatan perekonomian nasional," jelas Budi.

    Budi mengakui, di 2020 di tengah kondisi pandemi covid-19, kinerja pelabuhan terkena dampak yang cukup tajam. Namun demikian, pemerintah terus berupaya memastikan kegiatan pelabuhan tidak terganggu untuk mendukung pergerakan perekonomian.

    Oleh karena itu, dirinya mengajak semua stakeholder terkait di sektor maritim untuk tetap optimistis dengan melakukan kolaborasi guna mempercepat pemulihan perekonomian nasional.

    "Meski sekarang ini kita masih menghadapi pandemi covid 19, namun kita harus tetap optimistis dan mesti ada kolaborasi berbagai kepentingan untuk mewujudkan layanan pelabuhan yang efektif dan transparan guna percepatan perekonomian nasional. Oleh sebab itu, kehadiran asosiasi seperti ABUPI cukup penting untuk memberikan pandangan dan masukan ke pemerintah," jelasnya.

    Di sisi lain, Budi menegaskan semua pihak harus menjamin pelabuhan yang aman dan efisien, namun anggota ABUPI juga diharapkan dapat meningkatkan terus kompetensinya dalam meningkatkan kontribusi terhadap perekonomian nasional.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id