2.566 Pegawai Bappenas Siap Divaksinasi Tahap II

    Suci Sedya Utami - 22 Februari 2021 15:02 WIB
    2.566 Pegawai Bappenas Siap Divaksinasi Tahap II
    Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Foto : Bappenas.
    Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bappenas menyiapkan 2.556 pegawai di lingkungan kerjanya untuk ikut dalam program vaksinasi tahap kedua.

    Dalam vaksinasi tahap kedua, salah satunya menyasar pada aparatur sipil negara (ASN). Kegiatan vaksinasi untuk 2.566 pegawai Bappenas digelar pada 22-26 Februari 2021. Vaksinasi tersebut menjadi upaya perlindungan bagi pegawai Bappenas yang tengah berinteraksi dengan perwakilan kementerian atau lembaga, pemerintah daerah, hingga masyarakat luas untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2022.

    "Vaksinasi ini dalam rangka mencapai herd immunity dan bila tidak ada aral melintang, selama 15 bulan ke depan, Indonesia akan mencapai herd immunity di Maret 2022 karena berdasarkan jumlah vaksin, tersedia untuk disuntikan ke hampir 182 juta penduduk Indonesia di atas usia 18 tahun dan dengan tambahan sekitar 15 persen cadangan," ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa di Gedung Bappenas, Jakarta, Senin, 22 Februari 2021.

    Suharso menegaskan selain menjadi game changer untuk mendorong laju penurunan kasus dan mencapai herd immunity, vaksinasi covid-19 menjadi salah strategi implementasi RKP 2021 yang mengusung tema 'Mempercepat Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial' dengan mendorong konsumsi rumah tangga atau daya beli masyarakat yang saat ini terganggu akibat mobilitas terbatas.

    "Untuk itu, kita pastikan upaya penanganan covid-19 sejalan dengan langkah pemulihan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. Upaya kita untuk mengadakan vaksin buatan Indonesia juga mudah-mudahan bisa segera terwujud, kita sudah pengalaman memproduksi vaksin massal BCG, polio kelas dunia, jadi tidak perlu kita meragukan vaksin buatan dalam negeri,” ujar Suharso.

    Selain untuk ASN dan pelayan publik lainnya serta para lanjut usia berumur di atas 60 tahun, vaksinasi tahap kedua juga diprioritaskan untuk kelompok masyarakat yang memiliki interaksi dan mobilitas tinggi sehingga rentan covid-19 seperti pedagang pasar, pendidik, tokoh agama dan penyuluh agama, wakil rakyat, pejabat, pemerintah, petugas keamanan, petugas pariwisata, pekerja transportasi publik, atlet, serta wartawan dan pekerja media.

    Data Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) per 21 Februari 2021 menunjukkan tahap satu vaksinasi covid-19 sudah mencapai 83,60 persen atau 1.227.918 nakes dari target 1.468.764 nakes.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id