Vaksinasi Jadi Kunci Menghentikan Pandemi Covid-19

    Eko Nordiansyah - 08 Oktober 2020 21:28 WIB
    Vaksinasi Jadi Kunci Menghentikan Pandemi Covid-19
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id
    Jakarta: Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengatakan vaksinasi menjadi kunci untuk menghentikan pandemi covid-19. Saat ini upaya vaksinasi tengah disiapkan oleh pemerintah seiring produksi vaksin oleh sejumlah lembaga.

    "Vaksinasi salah satu cara utama agar kita segera keluar dari pandemi. Semakin banyak orang yang divaksin, maka penyebaran penyakit akan semakin sedikit," kata Reisa dalam diskusi FMB9, Vaksin: Menjawab Mitos dan Menolak Hoax di Jakarta, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan vaksinasi merupakan cara agar antibodi yang ada di tubuh manusia menjadi semakin kuat. Pasalnya vaksin yang diberikan melalui suntikan atau diteteskan akan meningkatkan produksi imun sehingga terbentuk kekebalan tubuh terhadap penyakit.

    Menurut dia, vaksinasi dan imunisasi harus dilakukan karena tidak hanya melindungi diri sendiri tetapi juga melindungi orang lain yang tidak divaksin. Sebab ada kekebalan kelompok (herd immunity) yang ditimbulkan dari upaya vaksinasi di masyarakat.

    "Makanya ini penting sekali, supaya kekebalan tubuh kita siap untuk melawan dan mengalahkan. Kalau ada virus atau bakteri yang masuk ke tubuh kita, sudah kebal. Kalaupun ada yang lolos satu-dua ke tubuh, pasti tidak akan separah kalau tidak divaksinasi," ungkapnya.

    Reisa menambahkan, saat ini PT Bio Farma tengah memproses pembuatan vaksin Sinovac pada fase III di tahap III. Jika sesuai harapan, maka pada awal tahun depan produksi bisa dilakukan secara massal untuk kemudian didistribusikan ke seluruh Indonesia.

    "Pada dasarnya mengapa vaksin itu penting? Karena ini merupakan langkah pencegahan supaya kita tidak tertular, muncul kekebalan komunitas masyarakat, supaya tidak terjadi wabah lagi dan bisa kembali produktif seperti dulu," pungkas dia.  

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id