PPKM Mikro Dinilai Pilihan Terbaik karena Lockdown Tidak Memungkinkan

    Eko Nordiansyah - 24 Juni 2021 16:01 WIB
    PPKM Mikro Dinilai Pilihan Terbaik karena <i>Lockdown</i> Tidak Memungkinkan
    Ilustrasi. Foto: Medcom.id



    Jakarta: Keputusan pemerintah untuk memperketat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro untuk menekan lonjakan kasus covid-19 dinilai sudah tepat. Apalagi pemerintah enggan mengambil opsi untuk melakukan lockdown.

    Direktur Riset CORE Indonesia Piter Abdullah mengatakan, kebijakan lockdown akan memiliki dampak yang lebih buruk. Oleh karena itu, ia menilai keputusan untuk memperketat PPKM Mikro adalah pilihan yang tepat yang diambil oleh pemerintah.

     



    "PPKM ini sudah pilihan terbaik. Lonjakan kasus covid-19 harus segera dihentikan. Lockdown tidak mungkin dilakukan karena dampaknya akan jauh lebih buruk," kata dia kepada Medcom.id, Kamis, 24 Juni 2021.

    Selain memperketat PPKM Mikro ini, Piter berharap pemerintah bisa mempercepat program vaksinasi kepada masyarakat. Ia juga menambahkan, penerapan protokol kesehatan harus dilakukan agar bisa mencegah kenaikan kasus covid-19 yang lebih tinggi lagi.

    "Yang harus dilakukan pemerintah setelah menerapkan penebalan PPKM ini adalah mempercepat vaksinasi dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan," ungkapnya.

    Presiden Joko Widodo sebelumnya menegaskan bahwa PPKM berbasis mikro di tengah lonjakan kasus covid-19 keputusan tepat. PPKM berbasis mikro serupa dengan lockdown sehingga ia meminta untuk tidak perlu dipertentangkan lagi.

    Jokowi mengatakan, PPKM masih menjadi kebijakan tepat untuk mengendalikan covid-19 sebab bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat. Pemerintah pun telah mempelajari berbagai opsi penanganan covid-19 dari pengalaman dari negara lain.

    "PPKM mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk menghentikan laju penularan covid-19 hingga ke tingkat desa atau langsung ke akar masalah yaitu komunitas," ujar Jokowi.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id