Tak Cuma Rp1.700 Triliun, Anggaran Alpalhankam Diminta Naik Jadi Rp3.500 Triliun

    Eko Nordiansyah - 09 Juni 2021 16:14 WIB
    Tak Cuma Rp1.700 Triliun, Anggaran Alpalhankam Diminta Naik Jadi Rp3.500 Triliun
    Ilustrasi. Foto: MI/Atet



    Jakarta: Anggota Komisi XI DPR Fraksi Gerindra Kamrussamad meminta kepada pemerintah untuk tidak tanggung-tanggung dalam menyiapkan anggaran Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam). Bahkan anggaran ini perlu dinaikkan.

    "Konsep alpalhankam perlu dinaikkan bukan hanya Rp1.700 triliun, tapi Rp3.500 triliun. Jadi tiga matra pertahanan diperkuat, dimodernisasi, di-upgrade kecanggihannya," kata dia dalam rapat Komisi XI DPR di Jakarta, Rabu, 9 Juni 2021.

     



    Ia menyebut, pemerintah jangan sampai hanya memprioritaskan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) saja sehingga melupakan faktor keamanan dan pertahanan. Menurutnya, anggaran alpalhankam sebesar Rp1.700 triliun saja tidak cukup.

    "Ada satu poin yang harus disinkronkan persiapan alat pertahanan dan keamanan kita. Jangan sampai IKN baru, design cantik, hebat, tapi pertahanan dan keamanannya enggak secanggih infrastrukturnya," ungkapnya.

    Untuk itu, ia meminta kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa untuk memikirkan rencana ini. Salah satunya adalah mengenai skema pembiayaannya yang bisa dilakukan untuk jangka panjang.

    "Bisa diwujudkan lima sampai 10 tahun lagi, tapi sudah perencanaannya, termasuk pertahanan siber. Pemindahan ibu kota negara harus diikuti kesiapan pertahanan dan keamanan nasional," tegas dia.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id