Percepatan Pembangunan Kawasan Industri Jadi Berita Terpopuler Harian Ekonomi

    Arif Wicaksono - 28 November 2021 10:13 WIB
    Percepatan Pembangunan Kawasan Industri Jadi Berita Terpopuler Harian Ekonomi
    Kawasan Industri. Foto : Medcom.id.



    Jakarta: Percepatan pembangunan kawasan industri menjadi berita terpopuler kanal ekonomi Medcom.id kemarin. Berikut rangkuman lima berita terpopuler lainnya di bawah ini.

    1. Kemenperin Percepat Pembangunan Kawasan Industri Halal Demi Tarik Investasi

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) fokus mendorong tumbuhnya kawasan industri halal melalui penerbitan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 17 Tahun 2020 tentang Tata Cara Memperoleh Surat Keterangan Pembentukan Kawasan Industri Halal.

    "Melalui Permenperin 17/2020, telah mendongkrak percepatan pembangunan kawasan industri halal di Indonesia," kata Direktur Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional (KPAII) Kemenperin Eko S.A. Cahyanto dalam siaran persnya, Sabtu, 27 November 2021.

     



    Baca berita selengkapnya di sini

    2. Harus Ada Standardisasi Halal Secara Global


    Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyatakan perlu ada kesamaan dalam standardisasi halal internasional. Hal Ini penting demi meningkatkan daya saing dan rasa percaya terhadap label produk halal di seluruh dunia.

    Gobel mengatakan negara-negara berpenduduk mayoritas muslim dan lembaga pemberi sertifikat halal di seluruh dunia harus dapat membangun kesamaan prosedur, ukuran, dan metode pengujian halal.

    Baca berita selengkapnya di sini

    3. Sri Mulyani Ingin Ekonomi Papua Tumbuh Lebih Tinggi


    Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ingin ekonomi Papua tumbuh lebih tinggi. Pada tahun ini ekonomi di wilayah tersebut tumbuh menjulang di atas rata-rata nasional yakni 14 persen lantaran didorong oleh ekspor komoditas.
     
    "Dalam situasi ini nanti Papua akan menikmati, selain dana otsus (otonomi khusus), nanti akan dapat dana bagi hasil. Apalagi kemarin kita sudah mendukung sepenuhnya penyelenggaraan PON (Pekan Olahraga Nasional) yang sukses dan Peparnas (Pekan Paralimpiade Nasional)," ujar Sri Mulyani dikutip dari siaran persnya, Sabtu, 27 November 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini


    4. Waduh Kabur Lagi! Dana Asing Hilang Rp1,29 Triliun dalam Sepekan


    Bank Indonesia (BI) mencatat dana-dana asing keluar dari pasar keuangan domestik selama sepekan terakhir. Berdasarkan data transaksi pada 22-25 November 2021, dana dari investor asing (nonresiden) tersebut tercatat jual neto (outflow) sebanyak Rp1,29 triliun.

    Minggatnya dana asing dari pasar keuangan domestik tersebut berasal dari pasar Surat Berharga Negara (SBN) sebanyak Rp1,77 triliun. Beruntung di pasar saham dana-dana mengalir (beli neto) ke pasar domestik sebesar Rp480 miliar.

    Baca berita selengkapnya di sini

     

    5. Naik Lagi, Inflasi November 2021 Diperkirakan Capai 0,34%


    Bank Indonesia (BI) kembali menaikkan proyeksi inflasi November 2021 menjadi 0,34 persen, sesuai hasil Survei Pemantauan Harga (SPH) hingga pekan keempat. Pada hasil SPH di pekan ketiga, bank sentral memproyeksi inflasi bulan ini sebesar 0,31 persen (mtm).

    "Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada pekan keempat November 2021, perkembangan harga pada November 2021 tetap terkendali dan diperkirakan inflasi sebesar 0,34 persen (mtm)," ungkap Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dikutip dari rilis perkembangan indikator stabilitas nilai rupiah, Sabtu, 27 November 2021.

    Baca berita selengkapnya di sini. 

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id