Mendag Janji ke Pengusaha Mal Dorong Masyarakat Gemar Berbelanja

    Husen Miftahudin - 19 Februari 2021 15:21 WIB
    Mendag Janji ke Pengusaha Mal Dorong Masyarakat Gemar Berbelanja
    Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi - - Foto: MI/ Amiruddin Abdullah
    Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi berjanji akan meningkatkan kepercayaan konsumen untuk kembali berbelanja. Hal tersebut agar perekonomian nasional dapat kembali bergerak.

    "Pemerintah berupaya menggenjot tingkat konsumsi masyarakat untuk mendukung berbagai sektor agar dapat terus berjalan," ujar Lutfi dalam Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (Rakernas APPBI) secara virtual, dikutip dari keterangan resminya, Jumat, 19 Februari 2021.

    Menurutnya, saat ini konsumen menahan diri untuk berbelanja dan mengajukan kredit. Oleh sebab itu pemerintah juga berupaya agar konsumen memiliki kepercayaan untuk berbelanja dan mengajukan kredit sehingga dapat menggerakkan perekonomian.

    Di masa pandemi covid-19 saat ini, jelas dia, masyarakat cenderung mengurangi atau menahan diri mengunjungi pusat perbelanjaan untuk mengurangi risiko tertular covid-19. Untuk itu, pemerintah akan terus berupaya menggerakkan aktivitas konsumsi.


    Bahkan mengutip proyeksi Bank Indonesia (BI), pertumbuhan ekonomi di 2021 hanya berada di kisaran 4,3 persen sampai 5,3 persen. Perkiraan ini lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yang ada di kisaran 4,8 persen hingga 5,8 persen.

    Dalam Rakernas tersebut, Lutfi juga mengajak pengusaha mal untuk sama-sama membahas permasalahan yang dihadapi pusat perbelanjaan. Pusat-pusat perbelanjaan termasuk salah satu sektor yang terdampak cukup dalam akibat pandemi covid-19.

    "Saya persilakan APPBI untuk datang ke kantor saya, duduk bersama-sama. Dialog dan kerja sama antara pemerintah dan dunia usaha diperlukan untuk dapat melalui dan mengatasi masa sulit ini," pungkas Lutfi.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id