Pembatasan Mikro Diperpanjang, Begini Aturan Perkantoran hingga Restoran

    Eko Nordiansyah - 20 Februari 2021 14:30 WIB
    Pembatasan Mikro Diperpanjang, Begini Aturan Perkantoran hingga Restoran
    Ilustrasi pembatasan kegiatan di perkantoran selama PSBM - - Foto: dok AFP



    Jakarta: Pemerintah memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) di 123 kabupaten/kota. Pembatasan kegiatan masyarakat dalam lingkup kecil ini masih sama dengan sebelumnya.

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan untuk perkantoran, hanya boleh diisi 50 persen karyawan dan sisanya wajib menjalan work from home (WFH).






    "Dari PPKM Mikro ini ditegaskan bahwa perkantoran 50 persen WFH, dan instansi pemerintah mengikut SE Menpan RB. Kegiatan belajar mengajar tetap dengan sistem online atau daring," katanya dalam video conference di Jakarta, Sabtu, 20 Februari 2021.

    Sementara itu, pusat perbelanjaan tetap diperbolehkan beroperasi sampai pukul 21.00 WIB dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk kapasitas makan di tempat (dine in) di restoran juga maksimal 50 persen dari kapasitas dengan protokol kesehatan, dan delivery diperbolehkan.

    "Konstruksi beroperasi 100 persen, tempat ibadah 50 persen (kapasitas), fasilitas umum masih dihentikan dan transportasi mengikuti kondisi di wilayah dan protokol kesehatan. Cakupan di 123 kabupaten/kota sampai desa dan kelurahan di tujuh Provinsi di Jawa dan Bali," ungkapnya.

    Ia mengklaim selama sepekan terakhir, jumlah kasus aktif mengalami penurunan 17,27 persen secara nasional imbas penerapan PSBM. Penurunan tren kasus aktif secara persentase terjadi di lima provinsi besar yaitu DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

    "Pemerintah provinsi diharapkan mengkoordinasi pemetaan zona risiko dan data penyaluran bantuan dan melaporkan secara berkala ke satgas pusat melalui satgas daerah," pungkas dia.

    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id