Mentan Ingin Tingkatkan Ekspor Pertanian hingga Tiga Kali Lipat

    Suci Sedya Utami - 30 November 2020 16:16 WIB
    Mentan Ingin Tingkatkan Ekspor Pertanian hingga Tiga Kali Lipat
    Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto: Dok. Kementerian Pertanian
    Jakarta: Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menargetkan Indonesia bisa meningkatkan ekspor di sektor pertanian hingga tiga kali lipat di masa mendatang.

    "Kita ingin meningkatkan ekspor tiga kali lipat," kata Syahrul dalam webinar Indef, Senin, 30 November 2020.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor pertanian Indonesia meningkat 10,12 persen dari Rp276,59 triliun di tahun lalu menjadi Rp304,57 triliun hingga kuartal ketiga 2020.

    Struktur nilai ekspor tersebut didominasi oleh produk olahan mencapai 89 persen, dan sisanya primer 11 persen. Sedangkan berdasarkan subsektornya, didominasi oleh subsektor perkebunan 92 persen, disusul oleh peternakan lima persen, hortikultura dua persen, dan tanaman pangan satu persen.

    Ia mengatakan akan berbicara dengan berbagai daerah yang unggul di sektor pertanian dan sekiranya siap untuk memasarkan produknya ke luar negeri. Selain itu juga mengidentifikasi produk pertanian yang sekiranya diminati oleh pasar.

    "Jadi kita akan lihat komoditas apa yang siap ekspor, ada integratornya, ada buyers-nya di luar. Banyak sekali kembang-kembang negara tropis seperti (punya) kita yang diminati di negara Eropa dan Amerika, salah satunya janda bolong yang harganya sekarang Rp3 juta," ujar Syahrul.

    Lebih lanjut ia menambahkan, produktivitas sektor pertanian yang masih positif di tengah situasi pandemi covid-19 ini juga tercermin dari data yang dikeluarkan BPS. Di kuartal ketiga, sektor ini tumbuh 2,15 persen. Sektor pertanian masih tumbuh positif dibanding sektor lainnya yang tercatat negatif. 

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id