Mau Terhindar dari Resesi? Simak Caranya

    Antara - 05 Oktober 2020 07:08 WIB
    Mau Terhindar dari Resesi? Simak Caranya
    Foto: dok MI.
    Bandung: Guru Besar Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran (Unpad) Arief Anshori Yusuf menjelaskan kunci utama pemulihan ekonomi Indonesia agar terhindar dari jurang resesi adalah menangani terlebih dahulu permasalahan covid-19.

    Pasalnya, menurut dia, resesi itu terjadi disebabkan covid-19 yang belum berujung, sehingga permasalahan pandemi ini perlu ditangani dengan baik.

    "Tidak akan terjadi resesi, kalau covid-19-nya tertangani," kata Arief dalam keterangannya dikutip dari Antara, Senin, 5 Oktober 2020.

    Ia melanjutkan penanganan covid-19 akan bergantung pada hasil efektivitas dari uji klinis tahap III terhadap vaksin covid-19 yang dilakukan oleh tim Unpad.

    "Apa yang dilakukan Prof Kusnandi Rusmil (Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Unpad) sangat penting untuk ekonomi Indonesia," katanya.

    Dia juga menyebut pelonggaran kembali mobilitas masyarakat pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) juga berisiko. Meski hal tersebut merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kembali geliat ekonomi.

    Pelonggaran mobilitas masyarakat, menurut Arief, akan memicu klaster covid baru apabila tidak diimbangi dengan ketegasan dalam memberlakukan protokol kesehatan yang ketat. Alhasil, peningkatan kasus akan berdampak pada kembali melemahnya pertumbuhan ekonomi.

    Selain penanganan pandemi, Arief juga merekomendasikan pemerintah terus mengoptimalkan stimulus ekonomi dengan fokus ke perlindungan sosial.

    Ia mengatakan kini banyak kajian yang menyatakan batuan sosial yang diberikan pemerintah selama pandemi lebih efektif menstimulus ekonomi.

    "Jadi, orang akan banyak berbelanja, karena kebutuhan," pungkasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id