OJK Yakin Kredit akan Tumbuh Positif di Kuartal II Tahun Ini

    Eko Nordiansyah - 01 April 2021 20:05 WIB
    OJK Yakin Kredit akan Tumbuh Positif di Kuartal II Tahun Ini
    OJK. Foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengaku optimistis bahwa pertumbuhan kredit akan meningkat pada kuartal II-2021. Kendati saat ini pertumbuhan kredit masih mengalami kontraksi imbas dampak pandemi covid-19  ke perekonomian.

    Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana mengatakan secara tahunan pertumbuhan kredit masih kontraksi meski secara bulanan sudah positif. Hal ini tak lepas dari kolaborasi kebijakan dari berbagai pemangku kepentingan.






    "Jadi berbagai orkestrasi kebijakan sudah menunjukan hasilnya sehingga nanti kita harapkan kuartal-II sudah mulai kelihatan (positif) untuk pertumbuhan kredit," kata dia dalam Temu Stakeholders Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional secara virtual di Jakarta, Kamis, 1 April 2021.

    Menurut Rencana Bisnis Bank (RBB), Heru menyebut proyeksi pertumbuhan kredit bisa mencapai tujuh persen hingga akhir tahun ini. Untuk itu, dibutuhkan sinergi agar bisa mendorong permintaan kredit dari dunia usaha, serta penyaluran dari perbankan.

    Selama masa pandemi, OJK telah mengeluarkan berbagai kebijakan stimulus yang bertujuan agar sektor jasa keuangan tetap kokoh dan sektor riil dapat kembali bisa bangkit dengan kemudahan-kemudahan, seperti restrukturisasi kredit dan pembiayaan.

    Ia menambahkan, sinergi kebijakan yang telah diterbitkan OJK bersama stimulus dari pemerintah dan Bank Indonesia (BI) telah membuat stabilitas sistem keuangan terutama di industri perbankan terus terjaga yang terlihat dari berbagai indikator.

    "Kebijakan-kebijakan stimulus tersebut telah membuat perbankan nasional masih terjaga baik, dengan CAR 24,55 persen pada Februari (yoy),  aset Rp9.124 triliun di Februari, dan DPK tumbuh 10,11 persen (yoy)," ungkapnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id