PGN Optimalisasi Pemanfaatan Gas Bumi Melalui 7 Program Pamungkas

    Suci Sedya Utami - 13 Januari 2021 22:26 WIB
    PGN Optimalisasi Pemanfaatan Gas Bumi Melalui 7 Program Pamungkas
    Ilustrasi jaringan gas PGN. Foto: Dok.MI
    Jakarta: PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) berupaya untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi melalui program strategis Sapta PGN secara bertahap sejak 2020 hingga 2026.

    Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, Sapta PGN akan dilaksanakan seiring dengan fokus PGN dalam menyelesaikan proyek pipanisasi jangka menengah. Ada tujuh program dalam Sapta PGN.

    Pertama PGN sayang ibu. Layanan tersebut terintegrasi dengan layanan produk untuk memudahkan masyarakat modern melalui pengembangan jaringan gas pelanggan rumah tangga. Di 2021, jaringan gas ditargetkan mencapai 170 ribu saluran rumah tangga dengan estimasi volume gas sekitar 10 ribu billion british thermal unit per day (BBTUD) dan pemenuhan 2026 dengan total 5,1 juta sambungan.

    "PGN akan mengoptimalkan pembangunan jargas mandiri, APBN 2021 dan KPBU sehingga dapat mencapai pengelolaan sesuai target proyek strategis nasional (PSN)," kata Rachmat dalam keterangan resmi, Rabu, 13 Januari 2021.

    Kedua, PGN mendukung industri khusus untuk tujuh sektor sesuai dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 89 Tahun 2020, serta dukungan penyediaan gas untuk new captive market.

    Ketiga, PGN untuk listrik nasional yang menyediakan gas untuk pembangkit sesuai dengan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL), Kepmen ESDM Nomor 91 Tahun 2020, dan Kepmen ESDM Nomor 13 Tahun 2020.

    Keempat, PGN retail dan industri umum yang menyalurkan gas melalui pipa dan nonpipa. Serta dukungan pengembangan kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus (KEK) melalui pipa transmisi dan pipa distribusi.

    Kelima, PGN sektor maritim yakni pemanfaatan gas melalui program konversi transportasi sektor laut menjadi berbahan bakar gas alam cair (LNG).

    Keenam, PGN sektor darat yakni layanan gas bumi melalui konversi transportasi sektor darat, pengembangan SPBG dengan target pertumbuhan di atas 15 persen dengan potensi permintaan sekitar 10 ribu armada LNG trucking.

    Ketujuh, PGN masuk desa yakni penyediaan energi alternatif bagi masyarakat yang berlokasi di luar jangkauan infrastruktir pipa dan nonpipa PGN.

    Selain itu, PGN berupaya untuk perluasan wilayah bisnis ke skala internasional melalui kegiatan LNG trading dan kerjasama pengembangan infrastruktur gas bumi. PGN saat ini juga tengah mempersiapkan program baru di sektor rumah tangga melalui penyediaan gas bumi dengan integrasi teknologi pipa, nonpipa, dan teknologi fiber optic pengamanan jaringan gas untuk dioptimalisasi sebagai layanan di klaster perumahan.

    "Pelaksanaan program Sapta PGN mengedepankan pengelolaan infrastruktur gas bumi secara terintegrasi dalam proses bisnis hilir gas bumi, mulai dari pengadaan pasokan gas bumi dari berbagai sumber," pungkas Rachmat.

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id