Demi Transisi Mulus, Chevron Bagi Data Blok Rokan ke Pertamina

    Suci Sedya Utami - 15 Maret 2021 11:11 WIB
    Demi Transisi Mulus, Chevron Bagi Data Blok Rokan ke Pertamina
    Chevron. Foto : AFP.



    Jakarta: PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) selaku operator Blok Rokan telah menyelesaikan sejumlah pendataan aset dan menyerahkan seluruh data produksi, eksplorasi serta data pendukung kegiatan operasi pada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

    Chevron juga mulai membagikan data tersebut pada PT Pertamina Hulu Rokan selaku operator Blok Rokan berikutnya demi menjamin proses transisi pengelolaan blok migas tersebut berjalan lancar. Diharapkan proses alih kelola ini dapat menjadi rujukan bagi peralihan wilayah kerja migas lainnya di Indonesia.






    "Perusahaan kami berkomitmen untuk melaksanakan proses transisi Blok Rokan ini secara selamat, andal, dan lancar sehingga blok ini terus memberikan manfaat optimal bagi negara dan rakyat Indonesia,” kata Manager Corporate Communication CPI Sonitha Poernomo dalam keterangan resmi, Senin, 15 Maret 2021.

    Data yang diserahkan tersebut termasuk yang berkaitan dengan geologi dan geofisika, perizinan, prosedur standar operasional (SOP), fasilitas produksi, pertanahan, kontrak barang dan jasa, sumber daya manusia dan program pengembangan masyarakat. Penyerahan data tersebut lebih awal.

    Kontrak kerja sama PT CPI di Blok Rokan akan berakhir pada 9 Agustus 2021. Blok Rokan merupakan salah satu blok migas terbesar di Indonesia dimana cakupan areanya melintasi tujuh kabupaten/ kota di Provinsi Riau termasuk lima lapangan-lapangan utama yaitu Duri, Minas, Bekasap dan Kota Batak, serta banyak lapangan-lapangan yang lebih kecil lainnya.

    Di tengah proses alih kelola, CPI juga tetap mengoperasikan Blok Rokan. Pada 2020, CPI mampu memenuhi target produksi yang ditetapkan oleh pemerintah. Di akhir Desember 2020, CPI juga mulai melakukan program pengeboran secara incremental.

    Lebih lanjut, Sonitha menambahkan upaya untuk mengoptimalkan produksi minyak dari aset strategis ini dalam rangka mendukung pemenuhan kebutuhan energi nasional, pendapatan negara, pertumbuhan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id