Masa Pandemi Justru Buat Ekspor Makanan Minuman Melejit

    Husen Miftahudin - 28 September 2020 19:59 WIB
    Masa Pandemi Justru Buat Ekspor Makanan Minuman Melejit
    Ilustrasi industri mamin. Foto: Dok. Kemendag
    Jakarta: Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) mencatat nilai ekspor makanan dan minuman (mamin) di tengah masa pandemi covid-19 justru melejit. Secara kumulatif, ekspor mamin RI dari Januari hingga Juli 2020 mengalami kenaikan ketimbang periode yang sama tahun lalu.

    Ketua Umum Gapmmi Adhi Lukman melaporkan bahwa ekspor produk mamin baik setengah jadi maupun olahan pada periode Januari-Juli 2020 tercatat sebesar USD4,33 miliar. Sementara pada periode yang sama tahun sebelumnya justru hanya sebesar USD4,10 miliar.

    "Di masa pandemi ini kita masih bisa meningkatkan ekspor kita. Ini saya harapkan bisa memberi semangat bagi kita semua bahwa kita tidak perlu takut ekspor, dan bahkan ekspor kita tidak turun secara keseluruhan," ujar Adhi dalam sebuah webinar di Jakarta, Senin, 28 September 2020.

    Adhi membeberkan, dari 15 tujuan ekspor utama produk-produk mamin RI, ada 10 negara yang mengalami kenaikan. Di antaranya Singapura, Kamboja, Thailand, Brunei Darussalam, Myanmar, Tiongkok, Korea Selatan, Selandia Baru, Australia, dan India.

    Dengan capaian ini, Adhi meminta usaha kecil dan menengah (UKM) mengambil peluang dalam menjamah pasar ekspor. "Saya mengajak teman-teman semuanya agar bagaimana kita bisa mendorong untuk peningkatan ekspor lebih jauh lagi," pintanya.

    Meskipun begitu, ia mengaku masih terdapat banyak tantangan yang dihadapi pelaku UKM pangan, utamanya terkait non tarif. Mulai dari mutu, standar, label, regulasi di negara tujuan, mengenal etnik dan kebiasaan konsumen di negara tujuan, perang dagang, hingga inovasi produk.



    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id