comscore

Resmi Terbentuk, Ini yang akan Dilakukan Holding BUMN Pangan

Annisa ayu artanti - 08 Januari 2022 12:08 WIB
Resmi Terbentuk, Ini yang akan Dilakukan Holding BUMN Pangan
Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi membentuk Holding BUMN Pangan dengan melakukan penandatanganan akta inbreng.

Kementerian BUMN telah mengalihkan saham lima BUMN Pangan di antaranya PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, PT Sang Hyang Seri, PT Perikanan Indonesia, PT Berdikari, dan PT Garam kepada PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sebagai induk Holding BUMN Pangan.
Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan, terbentuknya Holding BUMN Pangan ini sesuai keinginan Presiden Joko Widodo di mana Indonesia membutuhkan sebuah BUMN pangan yang kuat. Kemandirian pangan dibutuhkan untuk merealisasikan visi Indonesia 2045 khususnya pada sektor pangan untuk peningkatan ketahanan pangan nasional.

"Dengan terbentuknya Holding BUMN Pangan diharapkan akan memperkuat sektor pangan secara keseluruhan dengan menggabungkan kekuatan secara bersama-sama, melalui upaya-upaya strategis juga dilakukan mulai dari meningkatkan kapasitas produksi, perluasan akses market dan jaringan distribusi pangan," katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Januari 2022.

Selain itu, melalui holding BUMN Pangan juga dapat mengoptimalkan aset yang potensial, mengandalkan supply chain serta penerapan teknologi dan digitalisasi bisnis.

Pahala juga menyebutkan, melalui holding BUMN Pangan, selain memiliki peran untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional juga fokus pada ekosistem pangan, termasuk untuk meningkatkan inklusivitas petani, peternak, dan nelayan.

"Melalui Holding BUMN Pangan, banyak yang dapat dilakukan melalui kemitraan dengan petani, peternak dan nelayan, dan sesuai arahan Menteri BUMN untuk fokus pada peningkatan bisnis melalui program percepatan untuk mendukung performance Holding BUMN Pangan," jelasnya.

Direktur Utama PT RNI (Persero) Arief Prasetyo Adi menambahkan penandatanganan akta inbreng ini merupakan tonggak sejarah bagi RNI sebagai induk Holding BUMN Pangan, mengingat proses yang dinamika panjang mulai pemerseroan salah satu anggota holding, permergeran, hingga proses inbreng.

"Holding ini terbentuk atas kekuatan sektor pertanian, sektor perikanan, sektor peternakan, garam dan perdagangan logistik. Di hari yang baik ini menjadi pengiring langkah awal Holding BUMN Pangan untuk mewujudkan tiga objektifnya yaitu mendukung ketahanan pangan nasional, inklusivitas petani peternak dan nelayan, hingga menjadi perusahaan pangan berkelas dunia," jelas Arief.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id