comscore

Mantap, Indonesia Bakal Ekspor Beras ke Tiongkok

Eko Nordiansyah - 08 Juni 2022 20:37 WIB
Mantap, Indonesia Bakal Ekspor Beras ke Tiongkok
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto : Kementan.
Jakarta: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan Indonesia tengah menjajaki kemungkinan ekspor beras ke Negeri Tirai Bambu, Tiongkok. Ia menyebut, perwakilan dari Tiongkok sudah menemuinya untuk membahas rencana ekspor sebanyak 2,5 juta ton beras setiap tahun.

"Hari ini saya mendapatkan tamu langsung dari Tiongkok yang meminta untuk mengimpor beras kita 2,5 juta ton dalam satu tahun. Ini menjadi peluang," kata dia dalam FGD 'Perkembangan Ekonomi, Pangan, dan Geopolitik Dunia' di NasDem Tower, Jakarta, Rabu, 8 Juni 2022.
Ia menambahkan produksi beras nasional memang memiliki supply yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Bahkan pada 2020, produksi beras nasional mencatat surplus sebanyak 7,39 juta ton dan akhir tahun lalu juga mengalami overstok mencapai 9,63 juta ton.

"Kalau begitu beras ini menjadi modal utama untuk kita juga mengintervensi dunia. Sudah tiga tahun kita tidak impor beras, selama ini tidak pernah tidak impor beras sejak orde baru," ungkapnya.

Selain itu, Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) juga akan memberikan penghargaan kepada Indonesia sebagai salah satu negara yang mampu memperlihatkan resiliensi ketahanan pangan. Hal ini menjadi bukti Indonesia mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri sekaligus berpeluang untuk ekspor.

"Ingat 273 juta kita harus siapkan dulu perutnya, kemudian tentu kita bisa mengintervensi (global). Bapak Presiden bilang sepanjang kita cukup, ayo. Hari ini saya tidak sangka BUMN Tiongkok datang ke kantor, dalam minggu ini akan MoU untuk siap menerima beras kita," pungkas dia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id