comscore

Tekan Omicron, Luhut Minta Masifkan Vaksinasi Booster di 3 Provinsi Ini

Annisa ayu artanti - 21 Januari 2022 09:57 WIB
Tekan Omicron, Luhut Minta Masifkan Vaksinasi <i>Booster</i> di 3 Provinsi Ini
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan. Foto: Medcom.id/Annisa Ayu Artanti
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta untuk mempercepat vaksinasi booster di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Pasalnya, kasus terbesar saat ini untuk covid-19 varian Omicron terjadi di daerah Jabodetabek, yang capaian vaksinasi dosis satu dan dua sudah tinggi.
"Hari ini teater perang sesungguhnya akibat peningkatan kasus terjadi di wilayah Jabodetabek, untuk itu saya minta provinsi DKI, Banten, dan Jawa Barat agar segera mengakselerasi vaksinasi booster," kata Luhut pada Rapat Koordinasi Evaluasi PPKM Jawa Bali dikutip dari keterangan pers, Jumat, 21 Januari 2022.

Selain itu, Ia meminta protokol kesehatan harus benar-benar ditegakkan meski angka kematian hingga saat ini tidak tinggi. Sebab, jika melihat pengalaman negara lain, perawatan rumah sakit dan tingkat kematian tetap dapat meningkat ketika kasus naik berkali-kali lipat.

“Upaya flattening the curve atau memperlandai kenaikan kasus positif harus dilakukan untuk mengurangi beban sistem kesehatan. Kuncinya adalah penegakan protokol kesehatan dan akselerasi vaksinasi di tiap daerah," ucapnya.

Ia juga menambahkan, Jabodetabek adalah pusat mobilitas sehingga penyebaran kasus ke provinsi lain dapat terjadi dengan lebih cepat. Meski saat ini belum terjadi peningkatan signifikan di provinsi lain, namun provinsi lain tetap harus bersiap.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menambahkan bahwa saat ini kasus terbanyak ada di DKI Jakarta dan segera akan menyebar ke daerah di sekitarnya.

"Saat ini kita harus kembali meningkatkan testing dan tracing untuk mengetahui penyebaran yang terjadi di sekitar kita, dan terus meningkatkan vaksinasi," jelas Budi.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id