comscore

BKF: Travel Bubble Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Wisata

Antara - 10 Februari 2022 17:27 WIB
BKF: <i>Travel Bubble</i> Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Daerah Wisata
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu. FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin
Jakarta: Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu menyebut kebijakan travel bubble yang diterapkan selama perhelatan ajang MotoGP dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah wisata seperti Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Ini tentu tidak secepat yang bisa kita harapkan, karena tergantung dari sentimen yang tergantung pada keberhasilan negara-negara itu semua mengendalikan kondisi pandemi," kata Febrio, dilansir dari Antara, Kamis, 10 Februari 2022.
Untuk memastikan keamanan perhelatan MotoGP, pemerintah menerapkan kebijakan travel bubble melalui kesepakatan dengan beberapa negara dengan kasus positif covid-19 yang rendah. Warga negara tersebut diperbolehkan masuk ke Indonesia tanpa melakukan isolasi setelah dipastikan tidak terjangkit covid-19.

"Dengan saling percaya dan travel bubble tersebut bisa tercipta, terjadi perjalanan yang harapannya bukan hanya untuk turis tapi juga bisnis. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas travel," imbuhnya.

Beberapa wilayah mengalami pemulihan ekonomi yang relatif lebih lambat karena bergantung pada sektor pariwisata, misalnya Bali. Pada 2021 Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat perekonomian Bali dan Nusa Tenggara hanya tumbuh 0,07 persen year on year.

Ia mengatakan saat ini wisatawan domestik telah mulai kembali melancong ke Bali, tetapi jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung masih sedikit. "Memang dalam waktu ke depan harus kita pastikan pandemi covid-19 terkendali dengan baik, sentimen negatif untuk wisatawan mancanegara kita kelola dengan baik," pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id