comscore

Penerbangan Halim Perdanakusuma Pindah, Bandara Soekarno-Hatta Makin Sibuk

Antara - 11 Februari 2022 12:41 WIB
Penerbangan Halim Perdanakusuma Pindah, Bandara Soekarno-Hatta Makin Sibuk
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta - - Foto: Medcom
Jakarta: Lalu lintas udara di Bandara Soekarno-Hatta semakin sibuk setelah melayani sembilan penerbangan niaga berjadwal yang ditransfer dari Halim Perdanakusuma. Bandara itu tengah dalam revitalisasi, sehingga semua penerbangan dialihkan ke sejumlah bandara lainnya.
 
"Operasional berjalan sangat lancar, termasuk terkait ketersediaan slot timeparking stand pesawat, pengaturan boarding gate dan juga aktivitas ground handling," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Jumat, 11 Februari 2022.

Awaluddin menjelaskan maskapai niaga berjadwal yang pindah ke Bandara Soekarno-Hatta adalah Citilink beroperasi di Terminal 3, serta Batik Air beroperasi di Terminal 2.
 
Nomor penerbangan Batik Air yang berpindah operasi dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta dikonfirmasi sebanyak 12 nomor penerbangan (Flight Number), sementara Citilink sebanyak 10 nomor penerbangan.
 
"Misalnya ada satu maskapai mengoperasikan rute yang sama di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Soekarno-Hatta seperti Jakarta-Surabaya. Sejalan dengan perpindahan penerbangan ke Soekarno-Hatta, maka maskapai dapat semakin optimal melakukan pengaturan penerbangan," ujarnya.
Penerbangan jet pribadi

Untuk penerbangan general aviation atau penerbangan dengan jet pribadi (private jet) rata-rata penerbangan per hari tercatat sebanyak tujuh penerbangan. Titik keberangkatan dan kedatangan penumpang jet pribadi ini dilakukan melalui Saphire Precious Lounge yang terletak di kawasan Terminal 1.
 
"Penerbangan general aviation di Bandara Soekarno-Hatta juga berjalan sangat lancar, didukung karena adanya Saphire Precious Lounge yang memiliki layanan lengkap untuk penerbangan private jet serta fasilitas guna memproses keberangkatan dan kedatangan penumpang sesuai regulasi," tambah dia.

Sementara itu, Director of Operations & Service AP II Muhamad Wasid mengatakan secara keseluruhan kepindahan penerbangan ini berdampak peningkatan penerbangan.

"Kepindahan penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Soekarno-Hatta, pada tahap ini berdampak pada meningkatnya penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta sebesar dua persen," kata Muhammad Wasid.

Kementerian Perhubungan sebelumnya telah menyampaikan pekerjaan yang dilakukan sejalan dengan revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma adalah penyehatan runway dan taxiway, peningkatan kapasitas apron pesawat Naratetama dan Naratama, renovasi gedung Naratetama dan Naratama, renovasi bangungan operasi, perbaikan sistem drainase di dalam bandara, dan penataan fasilitas lainnya.

(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id