comscore

MRT Jakarta: Pembangunan TOD Terus Berjalan!

Annisa ayu artanti - 24 Mei 2022 20:30 WIB
MRT Jakarta: Pembangunan TOD Terus Berjalan!
Ilustrasi pengembangan kawasan berorientasi transit (TOD). Foto: ACP.
Jakarta: MRT Jakarta tidak hanya berfokus pada pengembangan proyek utama yakni penyediaan transportasi berbasis massal atau Mass Rapid Transit (MRT), tetapi juga fokus membangun beberapa kawasan berorientasi transit (TOD).

Mengutip bahan paparan manajemen dalam forum pemimpin redaksi, Selasa, 24 Mei 2022, TOD Simpang Temu Lebak Bulus saat ini pengerjaannya telah mencapai 68 persen dari target penyelesaian yang ditetapkan pada Agustus 2022.
Pengembangan infrastruktur Simpang Temu Lebak Bulus terdiri dari dua bagian, yaitu Transit Plaza depan Poins dan Jembatan Interkoneksi sepanjang 200 meter dari Stasiun MRT Lebak Bulus Grab ke Transit Plaza depan Poins.

Kemudian MRT Jakarta juga mengerjakan TOD Teras Temu Lebak Bulus. Saat ini progresnya telah mencapai 4,5 persen dari target penyelesaian pada 2023 mendatang. Kawasan berorientasi transit Lebak Bulus memiliki lokasi strategis di selatan Jakarta dan merupakan gerbang masuk bagi pengguna transportasi dari luar kota Jakarta.

Lalu, TOD Fatmawati yang berbentuk hunian. Saat ini progres pembangunan hunian yang diberi nama Rumapadu Fatmawati sudah mencapai 62 persen. Ditargetkan seluruh proyek ini selesai pada Oktober 2022.

Selanjutnya, TOD ASEAN yakni proyek infrastruktur Taman Literasi Martha Christina Tiahahu seluas 9.000 meter persegi merupakan upaya aktivasi ruang hijau publik dengan meningkatkan fungsi dan kegiatan pada Taman Literasi Martha Christina Tiahahu akan menunjang kegiatan transit. Saat ini pengerjaanya sudah mencapai 59 persen dan ditargetkan selesai pada Juni 2022.

Tak hanya itu, MRT juga mengerjakan Plaza Transit Mahakam yang saat ini pengerjaannya sudah mencapai 83 persen. Ditargetkan Plaza Transit Mahakam akan selesai pada September 2022. Plaza Transit Mahakam dirancang untuk mengoptimalisasi badan jalan dan ruang terbuka hijau.

MRT Jakarta juga menggarap Simpang Temu Dukuh Atas. Kawasan ini akan berfungsi sebagai area Transit Hub sarana angkutan umum massal yang berlokasi di Jalan Blora, Menteng, Jakarta Pusat. Progres pengerjaan pembangunan kawasan ini sudah mencapai 26,6 persen dan target penyelesaian pada Maret 2023.

Dalam menggarap TOD ini, MRT juga mengerjakan Pedestrian Tunnel Plaza UOB dan Pedestrian Jalan Blora. Progres masing-masing pembangunan saat sudah mencapai 25 persen dan 12 persen.

Terakhir, Simpang Terintegrasi Stasiun Karet. Pengembangan Simpang Terintegrasi Stasiun Karet ini akan mengubah area di bawah flyover Jalan KH Mas Mansyur menjadi titik transit antarmoda yang akan memudahkan perpindahan moda bagi para pengguna transportasi publik. Kawasan ini ditargetkan selesai pada September 2022.

"Kawasan Berorientasi Transit atau Transit Oriented Development adalah konsep pengembangan kawasan di dalam dan di sekitar simpul transit agar bernilai tambah yang menitikberatkan pada integrasi antar jaringan angkutan umum massal, dan antara jaringan angkutan umum massal dengan jaringan moda transportasi tidak bermotor," jelas paparan tersebut.

(HUS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id