comscore

PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang 2 Pekan hingga 14 Februari

Eko Nordiansyah - 31 Januari 2022 16:43 WIB
PPKM Luar Jawa Bali Diperpanjang 2 Pekan hingga 14 Februari
Ilustrasi penyebaran kasus covid-19 di Indonesia - - Foto: website covid.go.id
Jakarta: Pemerintah memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di luar Jawa Bali selama dua pekan ke depan. Kebijakan tersebut diberlakukan mulai 1 Februari hingga 14 Februari 2022 mempertimbangkan penyebaran kasus covid-19.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan keputusan ini diambil berdasarkan level asesmen pandemi mulai dari transmisi komunitas atau tingkat penularan, tingkat kematian, rawat inap, hingga pelaksanaan vaksinasi bagi daerah yang masih di bawah 50 persen.
 
"Ke depan luar Jawa Bali itu ada perpanjangan yaitu mulai 1 Februari sampai dengan 14 Februari berdasarkan level asesmen pandemi," kata dia dalam video conference, Senin, 31 Januari 2022.
 
Ia menambahkan, saat ini level asesmen PPKM di luar Jawa Bali terdiri dari 164 kabupaten/kota berada di level 1, kemudian 219 kabupaten/kota di level 2, tiga kabupaten/kota yaitu Jayawijaya, Yapen, dan Jayapura di level 3, dan nol kabupaten/kota yang berada di PPKM Level 4.
 
"Di luar Jawa Bali terlihat kasus harian covid-19 mulai mengalami peningkatan. Tercatat ada 499 kasus dengan transmisi lokal 496 kasus dan tiga kasus yang berasal dari Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN)," ungkapnya.
 
Sementara itu, tingkat kematian di luar Jawa Bali tercatat ada dua kasus per 30 Januari 2022 dengan kasus aktif sebanyak 3.326 kasus dari 61.713 kasus aktif atau 5,4 persen. Airlangga menyebut, kenaikan kasus ini harus menjadi perhatian mengingat terjadi kenaikan kasus Omicron di beberapa daerah.
 
"Namun kita harus juga waspada, ini sudah dilihat dari data Kemenkes beberapa provinsi seperti Sumatra Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Jayapura, kasus Omicronnya sudah masuk dari transmisi lokal," pungkas dia.


(Des)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id