BKPM Optimistis Capai Target Realisasi Investasi 2020

    Eko Nordiansyah - 30 Juli 2020 15:41 WIB
    BKPM Optimistis Capai Target Realisasi Investasi 2020
    Kepala BKPM Bahlil Lahadalia - - Foto: dok BKPM
    Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) optimistis bisa mencapai target realisasi investasi 2020 meskipun perekonomian dunia tengah mengalami tekanan imbas pandemi covid-19.

    Kepala BKPM Bahlil Lahadalia merevisi target realisasi investasi dari sebelumnya Rp886 triliun menjadi Rp807 triliun. Dengan begitu, BKPM meyakini target realisasi investasi akan tercapai.

    "Saya ingin mengatakan, kenapa kami optimistis? Pertama, kami masuk BKPM itu investasi mangkrak ada Rp708 triliun. Investasi mangkrak itu, di mana dari mangkrak ada yang empat tahun, ada yang lima tahun," katanya dalam wawancara Indonesia Bicara di Jakarta, Kamis, 30 Juli 2020.
     
    Menurut Bahlil investasi yang mangkrak disebabkan oleh arogansi sektoral antarkementerian dan lembaga, tumpang tindih aturan yang dibuat pemerintah kabupaten/kota, pemerintah provinsi dengan pemerintah pusat, serta masalah lahan atau tanah.
     
    "Maka dari Rp708 triliun itu BKPM telah menyelesaikan Rp410 triliun atau kurang lebih 58 persen dari invest mangkrak. Di mana ini tidak ada urusan lagi dengan pandemi, karena enggak bisa bawa orang karena covid. Ini karena investasinya ini sudah existing, tinggal di-running saja," jelas dia.

    Untuk itu, BKPM tidak hanya ditugaskan mengurus izin investasi saja tetapi juga melakukan pendampingan bagi investor yang menghadapi masalah. Karena itu, ia berharap investasi yang mangkrak bisa segera direalisasikan.

    "Nah dari Rp410 triliun itu, maka ini sedang berjalan sekarang sedang masa konstruksi. Contohnya, Hyundai itu bagian dari Rp410 triliun itu mereka kurang lebih USD1,8 miliar. Itu sudah hampir selesai pabrik mereka di Jawa Barat," pungkasnya.

    Hingga semester I-2020, realisasi investasi sudah mencapai Rp402,6 triliun yang terdiri dari Rp210,7 triliun di kuartal I dan Rp191,9 triliun di kuartal II. BKPM mencatat penyerapan tenaga kerja pada kuartal II tahun ini mencapai 263.109 orang dari 34.658 proyek investasi.



    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id