Sukabumi Siapkan Kampung Tangguh untuk Jaga Ketahanan Pangan

    Antara - 21 Juni 2020 08:46 WIB
    Sukabumi Siapkan Kampung Tangguh untuk Jaga Ketahanan Pangan
    Ilustrasi sembako. Foto : Medcom.
    Sukabumi: Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi, Jawa Barat membentuk Kampung Tangguh meningkatkan produksi komoditas pokok agar ketahanan pangan tetap terjaga khususnya di masa pandemi covid-19.

    "Dibentuknya Kampung Tanggung ini merupakan gagasan dan ide dari Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni dalam upaya meningkatkan dan menjaga ketahanan pangan, tentunya kami bersama unsur Forkopimda lainnya mendukung dan langsung merealisasikannya," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi dikutip dari Antara, Minggu, 21 Juni 2020.

    Menjaga ketahanan pangan di masa pandemi seperti sekarang ini sangat penting agar ketersediaan pangan utama  tetap mencukupi. Selain itu, program ini juga merupakan salah satu bentuk penanggulangan covid-19.

    Kampung Tangguh ini sesuai dengan amanat Undang-Undang RI Nomor 23 tahun 2014 tentang ketahanan pangan terbagi menjadi tiga bagian yakni penyelenggaraan ketahanan pangan, penanganan kerawanan pangan dan keamanan pangan.

    Dia menjelaskan bahwa ketahanan pangan harus terus diperkuat khususnya di Kota Sukabumi yang lahan pertaniannya terbatas. Warga pun diimbau untuk memanfaatkan lahan yang ada seperti pekarangan rumah agar ditanami tanaman pangan minimalnya untuk dikonsumsi sendiri atau keluarganya. Alangkah baiknya bisa dijual, sehingga menjadi sumber penghasilan tambahan.

    Kampung Tangguh pertama yang dibentuk berada di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Lembursitu. Di lokasi ini, Forkopimda melakukan tanam padi yang ditumpang sari dengan ikan nila di lahan sekitar 100 meter persegi.

    Sementara, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni mengatakan Kampung Tangguh di Kelurahan Sindangsari ini merupakan proyek percontohan dan rencananya di seluruh kelurahan ada satu Kampung Tangguh.

    "Ketahanan Pangan merupakan yang paling utama, maka dari itu kami terus berupaya menjaga dan meningkatkannya. Adanya kegiatan ini, juga untuk mengedukasi warga agar minimalnya bisa menanam tanaman pangan untuk dikonsumsi sendiri," katanya.




    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id