Daya Tahan Sektor Riil Kuat Meski Pertumbuhan Ekonomi Minus

    Annisa ayu artanti - 05 Agustus 2020 15:07 WIB
    Daya Tahan Sektor Riil Kuat Meski Pertumbuhan Ekonomi Minus
    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Medcom/Ilham Wibowo.
    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut sektor riil merupakan sektor yang memiliki daya tahan kuat meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II-2020 minus 5,32 persen.

    Mengacu capaian kinerja emiten, ia mengatakan terdapat empat kelompok sektor yang tetap tumbuh. Keempat sektor tersebut adalah sektor keuangan, sektor telekomunikasi, teknologi dan media, sektor konsumer dan farmasi, serta sektor retail khusus.

    Ia membeberkan, beberapa emiten yang tumbuh di sektor keuangan seperti PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNII), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR), dan PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk (MCOR). Emiten tersebut membukukan peningkatan laba pada semester I-2020 jika dibandingkan dengan semester I-2019.

    "Kita lihat di sektor keuangan beberapa emiten masih membukukan keuntungan, dan keuntungannya dibandingkan semester ke semester tahun lalu relatif ada kenaikan. berarti ada pertumbuhan, ada perbaikan," katanya dalam konferensi pers virtual, Rabu, 5 Agustus 2020.

    Begitu juga dengan sektor telekomunikasi, teknologi, dan media, beberapa emiten mencatatkan pertumbuhan laba. Adapun emiten yang dicontohkan adalah PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG), PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL), dan PT Bali Towerindo Sentra Tbk (BALI).

    "Kemudian di sektor konsumer maupun farmasi. Ini kita lihat membukukan keuntungan lebih di semester I. Demikian pula di sektor retail tertentu," ucapnya.

    Sehingga menurutnya, meskipun terjadi penurunan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2020 masih ada sektor-sektor yang mampu bertahan dan menjadi penopang perekonomian Tanah Air.

    "Walaupun terjadi penurunan di kuartal kedua tadi. Namun sektor riil masih mempunyai resilience daya tahan untuk tetap beroperasi secara positif," pungkasnya.  
       

    (DEV)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id