Mentan Lepas Ekspor Enam Komoditas Unggulan Jawa Barat

    Antara - 16 Juni 2020 22:05 WIB
    Mentan Lepas Ekspor Enam Komoditas Unggulan Jawa Barat
    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo - - Foto: dok Kementan
    Jakarta: Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melepas ekspor enam komoditas pertanian asal Jawa Barat. Komoditas tersebut yakni tanaman kaktus, teh, kopi, jeruk purut, vaksin dan sarang burung walet.

    "Kita buktikan lagi yang tidak terganggu oleh pandemi covid-19, yang ekspornya juga tetap jalan adalah sektor pertanian," ujar Mentan dikutip dari Antara, Selasa, 16 Juni 2020.

    Syahrul menjelaskan salah satu komoditas yang tinggi permintaannya yakni kaktus atau anggota tumbuhan berbunga famili cactaceae. Tanaman hias ini digarap di lahan pekarangan yang nilai ekspornya mencapai Rp80 juta hingga Rp200 juta per bulan.

    Di tengah situasi pandemi, ekspor kaktus dari Jawa Barat pada semester I tahun ini meningkat empat kali lipat atau kenaikannya sebesar 13.700 batang dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu yang hanya mencapai 2.800 batang. Negara tujuan ekspornya antara lain Amerika Serikat, Kanada, Taiwan dan Korea Selatan.

    Selain melepas komoditas pertanian, Syahrul juga menyerahkan sertifikat kesehatan atau phytosanitary certificate komoditas pertanian asal Jawa Barat yang akan diekspor ke mancanegara dengan total nilai Rp15,4 miliar.

    "Ini sesuai program Kementan yakni tentang pertanian modern atau modern farming, contohnya green house, glass house, mulsa itu bentuk bentuk pertanian yang akan kita hadapi besok artinya kita tidak terlalu bergantung dengan alam lagi," kata Mentan.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id