Pemerintah Perluas Akses Produk Pertanian dan Pangan

    Ilham wibowo - 08 September 2020 15:02 WIB
    Pemerintah Perluas Akses Produk Pertanian dan Pangan
    Ilustrasi - - Foto: Antara/ Aji Setyawan
    Jakarta: Pemerintah akan memperluas akses pasar produk pertanian demi ketahanan pangan nasional. Hal tersebut dilakukan dengan menyerap komoditas pertanian langsung dari para petani, peternak, dan nelayan.

    "Dalam rapat paripurna kemarin bersama Pak Presiden, meminta kami bersama BUMN menyerap produk pertanian atau pangan yang tidak sanggup terserap oleh pasar," kata Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dalam webinar Dialektika Media Indonesia, Selasa, 8 September 2020.

    Menurut Teten, sektor pertanian berpotensi besar dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi covid-19. Sebab, sektor ini masuk dalam tiga mata rantai yang mendorong perekonomian yakni lapangan pekerjaan, ketersediaan pangan dan kesehatan.

    "Misalnya tangkapan ikan nelayan, lalu komoditas jagung, kopi termasuk kemarin yang diangkat Bapak Presiden adalah bawang putih di Brebes yang sekarang tidak bisa diserap," paparnya.


    Selain itu, penguatan ekonomi domestik menjadi kunci Indonesia dalam menghadapi pandemi yang diperkirakan berakhir lebih lama dari kuartal II-2021. Karenanya, sektor pertanian menjadi dalam kebijakan pemulihan ekonomi, khususnya pemenuhan kebutuhan masyarakat.

    "Kekuatan ekonomi domestik akan diandalkan, terutama kekuatan di sektor hulu. Data BPS menyebutkan bahwa pertanian tumbuh 16 persen, kita harus bereskan tata kelola, kelembagaan dan supply chain," ucap Teten.

    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id