Respons Cepat Pemerintah Pascaputusan terhadap UU Cipta Kerja Bikin Investor 'Adem'

    Husen Miftahudin - 30 November 2021 18:04 WIB
    Respons Cepat Pemerintah Pascaputusan terhadap UU Cipta Kerja Bikin Investor Adem
    UU Cipta Kerja. Foto : Medcom.



    Jakarta: Pengamat keuangan Ibrahim Assuaibi mengapresiasi langkah pemerintah yang merespons cepat putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap Undang-Undang (UU) Cipta Kerja. Beleid ini dinyatakan inkonstitusional bersyarat, sehingga perlu diperbaiki dalam kurun waktu dua tahun.

    Respons pemerintah tersebut langsung membuat investor 'adem', sehingga panic selling yang terjadi setelah putusan MK tersebut tidak berlanjut. Adapun pada Jumat, 26 November 2021, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok cukup dalam.

     



    "Pada saat MK memutuskan UU Cipta Kerja itu inkonstitusional, Investor panik, melakukan taking profit. Tetapi di hari Sabtu-Minggu, pemerintah memberikan informasi akan melakukan pembenahan-pembenahan tentang masalah UU Cipta Kerja," ujar Ibrahim lewat sambungan telepon saat dihubungi Medcom.id, Selasa, 30 November 2021.

    Artinya, kata dia, pemerintah menerima dengan ikhlas dan tidak menolak putusan MK terhadap UU Cipta Kerja tersebut. Jika pemerintah menolak putusan MK, Ibrahim yakin IHSG bakal jatuh lebih dalam pada perdagangan Senin, 29 November 2021.

    "Pemerintah menerima, bahkan DPR juga siap. Kita memang manusia biasa, masih punya kelemahan, itu yang paling penting, kejujuran, keikhlasan yang mengakibatkan IHSG Senin langsung terbang lagi," tuturnya.

    Menurut dia, kritikan MK terhadap UU Cipta Kerja diambil positif oleh pemerintah dan DPR, sehingga membuat IHSG kembali menguat. "Arus modal asing di hari Jumat ditarik besar-besaran, kemudian di hari Senin itu masuk dua kali lipat dari Jumat sebelumnya," sebut Ibrahim.

    Adapun pada penutupan perdagangan Jumat, 26 November 2021, IHSG anjlok ke titik 6.561,5. Level ini mengalami penurunan sebanyak 2,05 persen dibandingkan angka penutupan di hari sebelumnya.

    Kemudian pada penutupan perdagangan Senin, 29 November 2021, IHSG berada di posisi 6.608. Level IHSG tersebut mengalami kenaikan 46,73 poin atau setara 0,71 persen dibanding penutupan akhir pekan sebelumnya.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id