Indonesia Genjot Kerja Sama Bidang Digital dan Teknologi dengan Singapura

    Annisa ayu artanti - 22 Juni 2021 20:37 WIB
    Indonesia Genjot Kerja Sama Bidang Digital dan Teknologi dengan Singapura
    Ilustrasi kerja sama bidang teknologi digital - - Foto: Medcom



    Italia: Pemerintah Indonesia mengusulkan peningkatan kerja sama bilateral di bidang ketenagakerjaan dengan Singapura. Khususnya di bidang digital dan teknologi kepada Menteri Ketenagakerjaan Singapura, H.E. Dr. Tan See Leng.

    Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan peningkatan kerja sama tersebut meliputi permintaan bantuan tenaga ahli (expert) Singapura untuk pengembangan Innovation Center dan Talent Hub Kemnaker guna transfer-knowledge.

     



    Selain itu, peningkatan kerja sama inovasi digitalisasi teknologi bagi kaum muda (tech-talent) dan pengembangan ekosistem digital di Indonesia.

    "Dengan adanya beberapa poin usulan perluasan kerja sama ini diharapkan ke depannya memberikan pengaruh positif bagi kemajuan ekosistem teknologi digitalisasi di Indonesia," ungkap Anwar dalam keterangan tertulis, Selasa, 22 Juni 2021.

    Dalam pertemuan dua pemerintahan tersebut, Anwar juga menyampaikan progres kerja sama antara Indonesia dan Singapura terkait pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang teknologi (Tech Talent).

    Ruang lingkup kerja sama yang diharapkan antara lain penempatan expert dari Singapura, pengembangan virtual reality, ToT bagi instruktur BLK, tech training untuk mendukung implementasi 'Making Indonesia 4.0' dan peningkatan kapasitas teknologi pada critical occupation list (COL).
     
    Anwar menyebut Kemnaker telah menyampaikan konsep proposal kepada pihak Singapura melalui Kemenko Perekonomian guna mendapatkan feedback dari Singapura.

    "Saat ini, pihak Singapura sedang mencermati potensi Kerjasama yang dapat dijalin dan melakukan identifikasi terkait instansi yang relevan di Singapura," jelasnya.


    (Des)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id