Tanggapan Hutama Karya atas Sambungan Trans Sumatra ke Aceh Usai 2024

    Antara - 24 Juni 2021 16:54 WIB
    Tanggapan Hutama Karya atas Sambungan Trans Sumatra ke Aceh Usai 2024
    Jalan Tol. Foto : MI/Ramdani.



    Jakarta: PT Hutama Karya (Persero) sepenuhnya mengikuti arahan dan kebijakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR yang berencana akan menyambung Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) hingga ke Aceh setelah 2024.

    "Terkait pembangunan JTTS menyambung dari Lampung hingga ke Aceh yang akan dilanjutkan setelah 2024, perusahaan sepenuhnya mengikuti kebijakan pemerintah selaku regulator dalam penyelesaian keseluruhan pembangunan JTTS tersebut," ujar EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo kepada Antara, Kamis, 24 Juni 2021.

     



    Menurut Tjahjo, sebagai BUMN yang diamanahkan oleh Pemerintah Indonesia untuk membangun Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS), Hutama Karya saat ini masih fokus dalam penyelesaian beberapa ruas JTTS Tahap I.

    "Diharapkan pada 2023 nanti, kami akan mengoperasikan sepanjang 1.100 km JTTS," katanya.

    Hingga saat ini, Hutama Karya tengah menggarap konstruksi di delapan ruas JTTS di antaranya Tol Sigli-Banda Aceh (60 Km) dengan total progres konstruksi mencapai 69 persen, Tol Pekanbaru-Bangkinang (40 km) dengan progres konstruksi 65 persen, tol Pekanbaru-Pangkalan (83 km) dengan progres konstruksi mencapai 43 persen, tol Padang-Sicincin (36 Km) dengan progres konstruksi mencapai 40 persen.

    Kemudian tol Bengkulu-Taba Penanjung (18 Km) dengan progres konstruksi 85 persen, tol Sp. Indralaya-Muara Enim (119 Km) dengan progres konstruksi 35 persen, tol Binjai-Langsa seksi Binjai-Pangkalan Brandan (58 Km) dengan progres konstruksi 37 persen, tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (143 Km) dengan progres konstruksi 61 persen dan tol Kisaran-Indrapura (48 Km) dengan progres konstruksi 25 persen.

    Sebelumnya Direktur Jalan Bebas Hambatan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Budi Harimawan dalam wawancara dengan salah satu media mengungkapkan untuk pembangunan tol Trans Sumatra bagian utara yakni bagian Binjai-Aceh dan Dumai-Kisaran akan diusulkan ke tahap kedua yang artinya dilanjutkan setelah 2024.

    Sedangkan terkait konstruksi jalan tol Trans Sumatra hingga 2024, menurut Budi, Kementerian PUPR mengupayakan untuk menyambung tol tersebut antara Betung sampai ke Pekanbaru, Riau.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id